Rumah Kelahiran Bung Karno Bakal Dijadikan Museum

    Syaikhul Hadi - 18 Agustus 2020 08:16 WIB
    Rumah Kelahiran Bung Karno Bakal Dijadikan Museum
    Rumah kelahiran Soekarno (Bung Karno) di Jalan Peneleh, gang Pandean IV nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Medcom.id/ Syaikhul Hadi



    Surabaya: Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berencana menjadikan rumah kelahiran Soekarno (Bung Karno) di Jalan Peneleh, gang Pandean IV nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, sebagai museum. Hal itu dilakukan setelah ahli waris menyerahkan rumah Bung Karno kepada Pemerintah Kota Surabaya.

    "Terimakasih ini symbol kebanggaan kami. Nanti rumah ini akan kita jadikan museum, apalagi di kawasan ini banyak sejarahnya dan sudah kita beri titik-titik, seperti langgar, makam dan beberapa benda lainnya," kata Risma, Selasa, 18 Agustus 2020.






    Baca: Sri Sultan Minta Pembatasan Wisatawan di Malioboro Dijalankan Konsisten

    Risma menjelaskan anak-anak Surabaya dan luar daerah bisa belajar sejarah di rumah ini, termasuk mempelajari perjuangan Bung Karno yang mampu membuat Indonesia sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

    Menurutnya sejak beberapa waktu lalu Pemkot Surabaya sudah memperbaiki beberapa infrastruktur di kawasan tersebut, termasuk pedestriannya. Bahkan beberapa benda sejarah lainnya juga sudah diperbaiki.

    Dia mengatakan warga setempat juga akan dilibatkan dalam mengembangkan kawasan wisata bersejarah tersebut. Seperti Guide, kreativitas pembuatan souvenir, dan lain-lain.

    "kawasan itu nanti juga bisa dijadikan kawasan wisata yang luar biasa. Saya harap warga Peneleh bersiap diri menyambut itu. Kami yakin suatu saat nanti wilayah itu akan menjadi kawasan wisata yang sangat besar, karena ada rumah H.O.S Tjokroaminoto dan ada beberapa peninggalan sejarah lainnya," jelas Risma.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id