Puluhan Hewan Kurban di Bantul Terinfeksi Cacing Hati

    Antara - 31 Juli 2020 17:49 WIB
    Puluhan Hewan Kurban di Bantul Terinfeksi Cacing Hati
    Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Joko Waluyo ketika memantau ketersediaan hewan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriah (Foto ANTARA/Hery Sidik)
    Bantul: Petugas Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan cacing hati atau fasciola hepatica di puluhan hewan kurban yang disembelih di beberapa wilayah di Bantul, pada hari pertama Iduladha 1441 Hijriah.

    "Hasil pantauan sampai dengan sore ini, untuk cacing hati ditemukan pada 35 sapi, dan pada kambing dan domba masing-masing satu ekor," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Joko Waluyo, di Bantul, Jumat,  31 Juli 2020.

    Dia menerangkan, temuan cacing hati pada hewan kurban tersebut presentasenya sangat kecil ketimbang jumlah hewan yang dipotong pada hari pertama Iduladha, atau hanya sekitar satu persen. Dia mengungkap, jumlah sapi yang dipotong hari ini 3.888.

    "Kalau 35 sapi (idap cacing hati) berapa persennya itu, sekitar satu persen. Kemudian kambing yang dipotong ada 3.688, sedangkan domba ada 4.945 ekor," terangnya.

    Baca: Panitia Kurban di Bandung Diimbau Tidak Saling Pinjam Peralatan

    Dia mengatakan, terhadap hewan kurban yang mengandung cacing hati, untuk daging masih bisa dikonsumsi. Asalkan, lanjut dia, hati sapi yang terinfeksi cacing hati dipisahkan dengan daging dan disingkirkan.

    "Kalau ada cacing hati saya suruh potong dan ditanam (dikubur), bagian hati yang lain bisa dimakan dengan segera dimasak, jadi tidak semua hati remuk. Panitia hewan kurban sudah sering kami berikan sosialisasi," bebernya.

    Dia menerangkan, berdasarkan pantauan pemotongan hewan kurban, belum semua takmir masjid atau panitia kurban memotong pada hari pertama. Sebagian dari mereka akan memotong pada Sabtu, 1 Agustus 2020, meski sebagian sudah menyelesaikan pada hari ini.

    "Jadi data ini masih bertambah, karena besok masih cukup banyak," tukasnya.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id