comscore

Polisi Janji Tindak Oknum Backup Kasus Ekspor Migor di Surabaya

Amaluddin - 12 Mei 2022 21:52 WIB
Polisi Janji Tindak Oknum Backup Kasus Ekspor Migor di Surabaya
Ilustrasi. Foto: dok MI/Andri Widiyanto.
Surabaya: Kasus ekspor minyak goreng (migor) di Surabaya tak hanya berhenti pada dua tersangka E dan R. Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto, berjanji bakal mengungkap oknum yang membackup untuk melancarkan ekspor minyak goreng ke Timor Leste.

"Kalau bisa nanti semuanya diungkap dan diproses," kata Agus di Surabaya, Kamis, 12 Mei 2022.
Baca: Ekspor Ilegal 162 Ribu Liter Minyak Goreng Digagalkan

Agus optimis kasus itu bakal terungkap hingga akar-akarnya. Kata dia, siapapun pihak yang terlibat bakal dilakukan tindakan tegas.

"Kalau ada kerja sama dengan kepolisian, misalnya yang memback up pasti nanti orang itu akan menyampaikan. Kalau ada teman bea cukai yang membantu pasti nanti akan dilakukan pemerosesan lebih lanjut," jelasnya.

Agus menegaskan Presiden Joko Widodo telah melarang adanya ekspor minyak goreng. Kebijakan ini dilakukan untuk menjaga kebutuhan minyak goreng, dan menstabilkan harga yang masih tinggi.

"Ketersediaan dan stabilitas harga minyak goreng di dalam negeri menjadi atensi Kapolri atas perintah langsung dari Presiden Joko Widodo," ungkapnya.

Seperti diketahui Satgas Pangan Mabes Polri bersama Polda Jatim dan Bea Cukai berhasil menggagalkan ekspor 162.642 liter atau 121.975 ton minyak goreng tujuan Timor Leste. Ribuan karton minyak goreng itu terdiri dari tiga merk, yakni Tropical, Tropis dan Linsea.

Ada dua tersangka dalam kasus tersebut, yaitu berinisial E berperan penyedia dokumen dan R berperan sebagai pembeli yang hendak menjual ke Timor Leste. Keduanya dijerat Pasal 52 Jo 112 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2015 tentang Perdagangan.

Keduanya juga melanggar Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Barang yang dilarang dijual, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id