comscore

Bupati Malang Belajar Kelola Limbah Organik Ternak ke Denmark

Daviq Umar Al Faruq - 30 Juni 2022 19:20 WIB
Bupati Malang Belajar Kelola Limbah Organik Ternak ke Denmark
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang belajar pengelolaan limbah organik atau limbah ternak ke Pemerintah Denmark. Dokumentasi/ Pemkab Malang.
Malang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tengah belajar pengelolaan limbah organik atau limbah ternak ke Pemerintah Denmark. Pemkab Malang akan menggandeng Danish Enviromental Protection Agency (DEPA) untuk manajemen pengelolaan sampah organik.

Bupati Malang, M Sanusi, mengatakan Pemkab Malang bakal mereplikasi sistem pengelolaan limbah organik yang diterapkan oleh Pemerintah Denmark. Sebab Denmark sendiri dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki pengelolaan sampah terbaik di dunia.
"Tujuan kami adalah untuk pembelajaran dan penjajakan kerjasama pengelolaan sampah organik yaitu dengan penanganan sampah organik untuk didaur ulang melalui pengelolaan teknologi yang tepat guna," kata Sanusi, Kamis, 30 Juni 2022.
 
Baca: Wapres Tinjau Penanganan PMK di Lombok Barat

Sanusi menerangkan Denmark menerapkan pengelolaan sampah dengan mengutamakan sistem circular economy. Hal itu yang membuat Denmark menjadi salah satu negara yang memiliki pengelelolaan sampah terbaik di dunia.

"Selain itu, Denmark juga memilik pengolahan sampah organic dan biogas yang juga terbaik di kelasnya. Hal ini yang membuat Kabupaten Malang ingin mereplikasi sistem yang diterapkan Denmark," jelasnya.

Sejauh ini, beberapa langkah telah diterapkan Pemkab Malang dalam pengelolaan sampah, khususnya sampah organik. Nantinya pembelajaran yang didapat di Denmark bakal menjadi sebuah rekomendasi dalam perbaikan model pengelolaan sampah di Kabupaten Malang.

"Seperti organisasi pengelola, manajemen, metode dan teknologi dalam pengolahan sampah, sampai kepada mengubah perilaku dan mindset masyarakat,” ungkap Sanusi.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id