comscore

Pemerintah Desa di Kulon Progo Diminta Siagakan Tempat Karantina

Antara - 17 Januari 2022 09:52 WIB
Pemerintah Desa di Kulon Progo Diminta Siagakan Tempat Karantina
Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Fajar Gegana. (ANTARA/Sutarmi)
Kulon Progo: Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong setiap desa memperketat pengawasan protokol kesehatan dan menyiagakan kembali tempat karantina bagi pendatang untuk mencegah terjadinya penyebaran virus korona.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo Fajar Gegana mengatakan, sudah meminta seluruh camat untuk berkoordinasi dengan kepala desa agar menyiapkan tempat-tempat karantina yang nantinya ditujukan bagi pendatang ketika baru datang dari luar daerah.
Menurut dia, tempat karantina di tingkat desa juga penting kehadirannya untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19. Terlebih saat ini seluruh dunia tengah dihebohkan dengan varian Omicron yang penularannya semakin cepat.

"Untuk mengantisipasinya harus melakukan karantina. Saat ini kami tengah menyiapkan regulasi dan sarana prasarananya," kata Fajar.

Baca juga: Bupati Pastikan Hanya 1 Kasus Omicron di Malang

Ia mengungkapkan selama Januari, jumlah kasus aktif covid-19 di Kulon Progo bertambah 26 kasus, yang mayoritas disebabkan adanya kontak dengan pelaku perjalanan dari luar daerah saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Pemerintah desa harus kembali menegakkan protokol kesehatan dan melakukan pengawasan terhadap pendatang secara ketat untuk menekan potensi penyebaran covid-19," terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami mengatakan peningkatan kasus covid-19 pascalibur Natal dan Tahun Baru 2022 sudah diprediksi sejak awal.

"Kami minta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat, jangan sampai lengah," jelasnya.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id