Desa Sumberbrantas Kota Batu Diterjang Banjir Lumpur

    Daviq Umar Al Faruq - 09 April 2021 09:10 WIB
    Desa Sumberbrantas Kota Batu Diterjang Banjir Lumpur
    Dusun Lemah Putih dan Dusun Jurangkuali, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, diterjang banjir lumpur/istimewa.



    Batu: Dusun Lemah Putih dan Dusun Jurangkuali, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, diterjang banjir lumpur, Kamis, 8 April 2021 sekitar pukul 18.00 WIB. Peristiwa itu terjadi lantaran hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

    "Hujan deras yang mengguyur Kota Batu menyebabkan saluran drainase di Jalan Raya Sumberbrantas dialiri air dengan debit yang besar," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Ahmad Choirur Rochim, Jumat 9 April 2021.






    Rochim menjelaskan, aliran air tersebut membawa material sampah dan batu. Akibatnya saluran drainase di kawasan itu tersumbat.

    "Aliran air dan lumpur dari saluran drainase kemudian meluap ke jalan raya dan menggenangi rumah warga di sekitar lokasi. Daerah yang terdampak banjir lumpur berada di Dusun Jurangkuali dan Dusun Lemahputih, Desa Sumberbrantas," jelasnya.

    Akibat peristiwa itu, terdapat tiga titik lokasi di sepanjang Jalan Raya Sumberbrantas yang tertimbun material lumpur. Pertama di depan alfamart Sumberbrantas dengan dimensi material lumpur panjang 120 meter lebar 6 meter dan ketebalan lumpur s0 centimeter.

    Titik kedua di dekat Keramat Sumberbrantas dengan dimensi material lumpur panjang 60 meter, lebar 6 meter dan ketebalan lumpur 30 centimeter. Terakhir di sekitar Bon 1 dengan dimensi material lumpur panjang 60 meter, lebar 6 meter dan ketebalan lumpur 30 sentimeter.

    "Data sementara untuk Dusun Jurangkuali terdapat sembilan rumah warga yang terdampak, sedangkan untuk Dusun Lemahputih masih dalam pendataan," imbuhnya.

    Sejumlah warga terdampak mengungsi ke rumah kerabatnya masing-masing. Untuk rumah warga terdampak yang mengalami kerusakan masih dalam pendataan. Korban jiwa dan luka-luka nihil.

    Selanjutnya, BPBD Kota Batu melakukan penanganan darurat pembersihan material banjir lumpur secara manual dan alat berat. Selain itu, mereka juga melakukan penyemprotan material banjir lumpur.

    Rochim menyarankan, kedepannya dilakukan pembangunan tanggul dan pembenahan saluran drainase. Kemudian pemberian bantuan logistik serta kerja bakti dan perbaikan rumah warga.

    "Untuk saat ini penangan darurat masih berlangsung dan Jalan Raya Sumberbrantas belum bisa dilewati kendaraan," ujarnya.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id