Pemkot Bandung Antisipasi Penimbunan Pangan Jelang Ramadan

    Antara - 08 April 2021 12:06 WIB
    Pemkot Bandung Antisipasi Penimbunan Pangan Jelang Ramadan
    Wali Kota Bandung meninjau pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/4/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)



    Sumedang: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, mengantisipasi terjadinya penimbunan pangan atau kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan.
     
    Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan telah menginstruksikan jajarannya untuk terus mengecek ketersediaan, termasuk harga, kebutuhan pokok di pasaran.
     
    "Antisipasi penimbunan di bawah komando Asisten 2 dengan Pak Gin Gin dan Satgas Pangan untuk terus memantau agar tidak terjadi adanya penimbunan," kata Oded, di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Kamis, 8 April 2021.
     
    Dia pun menegaskan akan menindak, apabila ditemukan ada pihak yang berupaya melakukan penimbunan atau mengambil keuntungan berlebih hingga menyebabkan harga kebutuhan pokok tak stabil.
     
    "Kalau ada penimbunan harus ditindak. Jadi bukan hanya di sini (Pasar Sederhana) saja, nanti Bu Elly (Kepala Dinas) akan dikomandoi Pak Asisten yang sudah merancang beberapa pasar yang akan dilakukan peninjauan juga," kata Oded.

    Baca juga: Wali Kota Surabaya Naikkan Biaya Operasional RT-RW






    Ia pun mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung, menjelang Ramadan agar tetap berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Pasalnya, kata dia, esensi dari berpuasa yaitu menahan diri.
     
    "Saat berbelanja, harus teliti. DKPP akan terus berupaya mengecek, memeriksa, memastikan kualitas pangan ini baik dan aman," ungkapnya.
     
    Selain itu, menurutnya ada beberapa komoditas pangan yang harganya masih belum stabil. Meski begitu, stok ketersediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Bandung masih aman.
     
    "Tadi ada beberapa yang signifikan naiknya, daging sapi sekarang Rp130.000 per kilogram. Mudah mudahan tidak naik lagi ke depan. Kemudian saya lihat kelapa, gula, dan cabai. Cabai turun dari Rp120.000 sekarang sudah Rp80.000," jelasnya.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id