Kembali, Warga Desa di Kuningan Mendadak Kaya Mirip di Tuban

    Rendy Renuki H - 23 Februari 2021 13:59 WIB
    Kembali, Warga Desa di Kuningan Mendadak Kaya Mirip di Tuban
    Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)



    Jakarta: Desa Kawungsari, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mendadak diperbincangkan. Warga desa itu mendadak kaya, mirip warga Desa Sumurgeneng di Tuban, Jawa Timur.

    Warga Kawungsari juga mendapatkan uang dalam jumlah banyak. Uang tersebut juga merupakan hasil pembebasan lahan.




    Diketahui, warga Kawungsari mendapatkan uang Rp150 juga hingga Rp1,6 miliar hasil pembebasan lahan megaproyek waduk Kuningan. Proyek itu telah berjalan sejak 2013.

    "Di sana (Tuban) warganya dapat ganti untung dari PT Pertamina dan di sini warga kami juga sama dapat ganti untung dari pembangunan Bendungan Kuningan," kata Kusto, Kepala Desa Kawungsari.

    Warga Kawungsari pun latah, mengikuti apa yang dilakukan desa di Tuban. Mereka kompak membelikan motor dan mobil dengan uang hasil pembebasan lahan.

    Setidaknya, sudah ada 300 sepeda motor baru dan 30 mobil yang dibeli warga. Hampir seluruh warga membeli kendaraan tersebut tunai.

    "Pas uang ganti untung cair warga mulai pada beli motor beli mobil. Motor baru yang dibeli itu ada sekitar 300 unit, kalau mobil sekitar 30 unit, yang baru maupun yang bekas, kebanyakan beli cash," terang Kusto.

    Ada 362 Kepala Keluarga Desa Kawungsari yang dibeli lahannya oleh pemerintah. Pencairan uang pembelian lahan itu pun telah mencapai 97 persen.

    Kusto mengatakan warga Kawungsari akan direlokasi ke tempat baru yang disediakan pemerintah. Tempat baru itu berada di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibereum, Jawa Barat.

    "Di Sukarapih sedang dibangun 444 unit rumah, baru 25 rumah yang siap huni. Sisanya masih tahap pembangunan sekarang progresnya sudah 50 persen," ujar Kusto.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id