Pemkab Jepara Segera Merumuskan Besaran UMK

    Rhobi Shani - 18 Oktober 2019 15:51 WIB
    Pemkab Jepara Segera Merumuskan Besaran UMK
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Jepara: Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Jepara segera merumuskan upah minimum kabupaten (UMK) 2020. Kepala Diskopukmnakertrans, Eriza Rudi Yulianto, mengatakan kenaikan UMK dihitung berdasarkan data inflasi pertumbuhan ekonomi nasional sesuai PP Pengupahan Nomor 78 Tahun 2015 pasal 44 ayat 1 dan 2.

    "Kami sudah jadwalkan bertemu dengan Apindo, serikat (buruh) dan dewan pengupahan. Persiapan sudah kami lakukan, tapi untuk memasukan dirumusnya baru terima ini datanya," ujar Eriza, Jumat, 18 Oktober 2019.

    Kementerian Ketenagakerjaan menetapkan kenaikan UMK tahun 2020 sebesar 8,51 persen. Eriza belum dapat memastikan berapa angka kenaikan UMK di Bumi Kartini tahun depan. 

    Sebab, berdasarkan tahun sebelumnya, kenaikan UMK di Kabupaten Jepara lebih tinggi dari kenaikan yang ditetapkan pemerintah pusat.

    "Saat ini belum berani menyebutkan berapa. Tahun lalu, setelah ada kesepakatan dengan buruh, pengusaha, dan dewan pengupah ada penambahan," kata Eriza.

    Eriza menambahkan dewan pengupahan kabupaten sudah dibentuk. Hanya saya, susunan dewan pengupahan akan diperbarui. Sehingga unsur-unsur yang ada di dalam dewan pengupahan lebih lengkap.

    Seperti diketahui, UMK tahun ini di Kota Ukir sebesar Rp1.879.031. Jika UMK tahun depan naik 8,51 persen, maka UMK Kabupaten Jepara 2020 berkisar Rp2 juta.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id