comscore

Gubernur Arinal Bertekad 2024 Produksi Beras Lampung 3 Juta Ton Per Tahun

Al Abrar - 23 November 2021 16:11 WIB
Gubernur Arinal Bertekad 2024 Produksi Beras Lampung 3 Juta Ton Per Tahun
Istimewa
Lampung: Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menargetkan pada 2024, produksi beras di wilahnya mencapai 3 Juta ton pertahun. Target itu naik, dari sebelumnya produksi beras mencapai 2,7 ton pertahun.

Arinal mengatakan, meski di tengah pandemi covid-19, Provinsi Lampung mampu memproduksi pada mencapai 2,7 juta ton atau meningkat 22,47 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal itu lantran Program Kartu Petani Berjaya yang diinisiasinya.
"Program Kartu Petani Berjaya menjawab permasalahan sektor pertanian dengan menghubungkan semua kepentingan stakeholder bidang pertanian untuk memberikan jaminan kepastian dalam usaha budidaya pertanian," kata Arinal.

Setelah mampu mencapai produksi 2,7 ton pertahun, Arinal menargetkan pada 2024 mendatang Provinsi Lampung dapat memproduksi sektor pertanian mencapai 3 juta ton pertahun. Arinal juga Bertekad 2024 produksi beras Lampung 3 juta ton pertahun alias naik 100 ribu ton tiap tahun.

Setelah mampu mencapai produksi 2,7 ton pertahun, Arinal menargetkan pada 2024 mendatang Provinsi Lampung dapat memproduksi sektor pertanian mencapai 3 juta ton pertahun. Arinal juga Bertekad 2024 produksi beras Lampung 3 juta ton pertahun alias naik 100 ribu ton.

Arinal juga  memaparkan perkembangan pembangunan di Lampung. Secara Geografis, lanjut Arinal, Provinsi Lampung menjadi pintu gerbang yang menghubungkan antara Pulau Sumatra dengan Pulau Jawa serta dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Kemudian, secara demografis, jumlah penduduk Lampung merupakan terbesar.

“Di wilayah Sumatra dengan jumlah penduduk usia produktif sebesar 71,04 persen. Secara kekayaan alam, Lampung memiliki keindahan alam yang menjadi potensi pariwisata serta lahan yang subur menjadikan Lampung sebagai penghasil komoditas utama pertanian dan menjadi salah satu lumbung pangan nasional dan pemasok 40 persen kebutuhan pangan Ibu Kota,” kata Arinal.

Baca, Erick Thohir: Lampung Jadi Alternatif Pembangunan Infrastruktur Pariwisata dan Kesehatan

Menurutnya, segala keunggulan tersebut harus dapat dimanfaatkan secara baik dan dioptimalkan menjadi keunggulan kompetitif untuk kesejahteraan masyarakat Lampung. 

"Karena itu, sejak dilantik oleh Presiden  Jokowi pada 12 Juni 2019, langkah pertama yang kami lakukan adalah membangun konsolidasi internal, koordinasi eksternal, dan komunikasi dengan semua elemen mewujudkan visi rakyat Lampung berjaya, yaitu kondisi masyarakat yang aman, berbudaya, maju, berdaya saing, dan sejahtera," papar Arinal.

“Kemudian, membangun sinergi dengan Visi Presiden Joko Widodo dalam RPJMN 2020-2024,” tambahnya

Arinal juga menyampaikan capaian indikator makro pembangunan, serta apresiasi dan sejumlah penghargaan terhadap Provinsi Lampung yang diraih. Salah satunya penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 dengan peringkat 1 nasional dari Menteri Pertanian kategori Provinsi dengan Peningkatan Produksi Padi tertinggi pada tahun 2020.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir yang juga keturunan Gunung Sugih Lampung Tengah itu menyampaikan bahwa Lampung mempunyai potensi yang luar biasa, yaitu menjadi alternatif pembangunan infrastruktur pariwisata untuk turis lokal, apalagi letaknya di antara pulau Jawa dan ujung Sumatera.

Erick mengatakan bahwa Lampung sudah memiliki modal awal sebagai pusat pariwasata nasional, khususnya untuk turis lokal, yaitu jalan tol yang terhubung sampai ke ujung sumatera, bandara udara yang memadai, dan juga memiliki transportasi berupa kapal feri dari jawa ke lampung untuk menuju sumatera, dan perputaran manusia di Bakauheni sebanyak 20 juta.

“Kita harus memberanikan diri, Bakauheni ini harus menjadi kolaborasi pusat dengan daerah, BUMN dengan swasta, dan UMKM dengan para kreatif lokal,” ujar Menteri Erick.

Erick juga mencetuskan ide untuk menjadikan Lampung sebagai tuan rumah pelaksanaan PON di masa mendatang. Menurut Erick, segala fasilitas yang pembangunannya telah dimiliki atau dimulai saat ini, seharusnya Lampung mempunyai potensi untuk pembangunan infrastruktur lebih lanjut, dimana salah satunya untuk olahraga.

“Eranya sekarang menjadi tuan rumah bersama. Kalau Pak Zul (Zulkifli Hasan) berkenan, bisa menghubungi salah satu provinsi yang terdekat dengan Lampung, mungkin Banten salah satunya. Karena transportasi Lampung dengan Banten terkoneksi dengan Feri. Selain itu kita juga memiliki lahan yang cukup luas di bawah krakatau steel, seluas 3.600 hektare. Jadi ini bisa komplemen satu dengan lainnya,” ujar Erick.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id