Bupati Ultimatum Sekolah-sekolah di Sleman

    Ahmad Mustaqim - 22 Februari 2020 04:20 WIB
    Bupati Ultimatum Sekolah-sekolah di Sleman
    Bupati Sleman, Sri Purnomo. Medcom.id/ahmad mustaqim
    Sleman: Bupati Sleman, Sri Purnomo akan segera mengevaluasi kejadian yang menimpa SMP Negeri 1 Turi. Dia juga mengingatkan sekolah lain yang ada di Sleman untuk tidak melakukan kegiatan susur sungai yang berakibat fatal tersebut.

    "Akan kita evaluasi sesegera mungkin. Kami peringatkan kepada sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Sleman untuk jangan sampai mengadakan kegiatan seperti ini," kata Sri Purnomo di Dusun Dukuh, Desa Donoharjo, Kecamatan Turi, Jumat, 21 Februari 2020.

    Dia mengatakan kegiatan apapun yang dilakukan di sungai saat musim hujan sangat berbahaya. Apalagi, jika posisi sungai di bagian hilir dan bisa terimbas kiriman aliran banjir dari bagian hulu sungai. 

    Kegiatan ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Turi ini diikuti kelas 7 hingga 9. Menurut Sri Purnomo, kegiatan seperti Pramuka bisa dilaksanakan di lingkungan sekolah.

    "Kegiatan kepramukaan itu kan banyak. Ada tali-temali, mendirikan tenda, bisa kegiatan semacam apa yang itu darurat bisa dilaksanakan di lingkungan sekolah. Ketika mengadakan kegiatan di luar sekolah, seperti di aliran sungai, ini sangat berbahaya sekali," ujarnya.

    Bupati Ultimatum Sekolah-sekolah di Sleman
    Proses pencarian siswa SMPN 1 Turi korban terseret arus banjir Sungai Sempor, Sleman. (Foto Antara/HO)

    Dia menegaskan kegiatan di sungai saat musim hujan sangat berisiko. Terlebih, aliran sungai di Sleman tak selalu bisa diperkirakan debit alirannya. Namun, saat di puncak Gunung Merapi hujan deras dipastikan aliran sungai di hilir akan terjadi peningkatan debit.

    "Buktinya ini tadi kena banjir mendadak mereka tidak bisa menghindar. Sebagian ada yang hanyut. Sebagian besar bisa menyelamatkan diri. Tapi ada dari sekian banyak yang mereka tak mampu menyelamatkan diri," ucap dia.

    Pemerintah akan memberikan pengarahan usai kejadian nahas tersebut. Keamanan siswa dalam kegiatan apapun di sekolah harus jadi hal utama. 

    "Ini sebagai pelajaran yang sangat mahal kita masyarakat Sleman, dan mudah-mudahan jangan sampai mengulangi sebagaimana kegiatan di SMP Negeri 1 Turi," ucapnya.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id