Tangani Korona, Pemkot Batu Sediakan Rp7 Miliar

    Daviq Umar Al Faruq - 20 Maret 2020 12:44 WIB
    Tangani Korona, Pemkot Batu Sediakan Rp7 Miliar
    Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Medcom.id/Daviq Umar
    Batu: Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menyiapkan anggaran Rp7 miliar untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19) di Kota Batu, Jawa Timur. Sebesar Rp2,5 miliar digunakan untuk membantu pembiayaan warga positif korona.

    "Pemkot Batu akan membiayai warga yang positif covid-19 melalui DAK fisik, non fisik dan cukai senilai Rp2,5 miliar. Kami juga telah mempersiapkan anggaran masalah covid-19 sejumlah Rp4,5 miliar. Jadi totalnya ada Rp7 miliar," kata Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Jumat, 20 Maret 2020.

    Dia mengaku sebanyak 10 warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dan 95 warga berstatus orang dengan risiko (ODR). Mereka diketahui melakukan riwayat kontak dan perjalanan ke luar negeri.

    Baca: Publik Diajak Menjadi Pahlawan Kemanusiaan di Tengah Korona

    "Sembilan orang telah diambil swab dan menunggu hasilnya. Serta ada satu orang yang tidak mau dilakukan tes swab. Namun orang tersebut harus dipaksa demi kebaikan semua masyarakat," bebernya. 

    Pihaknya telah menangani penyebaran virus korona di Kota Batu sesuai dengan protokol. Dia meminta masyarakat tidak cemas dan tetap menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

    "Mudah-mudahan tidak ada yang positif covid-19, kami tidak menginginkan," imbuhnya.

    Pemkot Batu telah menerapkan pembatasan jumlah pengunjung dan jam berkunjung di rumah sakit di Kota Batu. Pembatasan dimulai hari ini, Jumat, 20 Maret 2020.

    "Pembatasan kunjungan keluarga bagi pasien di enam Rumah Sakit yang ada di Kota Batu mulai diberlakukan. Kami juga telah minta Dinas Kesehatan untuk membuat surat edaran terkait kebijakan tersebut," pungkasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id