Ketahanan Pangan Ala Rumah Pilla Rajagaluh

    Al Abrar - 13 Juli 2020 19:14 WIB
    Ketahanan Pangan Ala Rumah Pilla Rajagaluh
    Ilustrasi: Medcom.id
    Majalengka: Kodam III Siliwangi terus berupaya membantu menjaga produksi padi untuk ketahanan pangan masyarakat. Salah satu caranya yaitu mengembangkan proyek percontohan pengelolaan sawah dengan memanfaatkan pupuk alami Bios 44.

    "Dengan pemanfaatan Bios 44, hasil padi per hektare dapat mencapai delapan ton. Hal ini akan dapat ikut membantu tambahan penghasilan bagi petani," kata Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dikutip dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 Juli 2020.

    Menurut Kunto, Kodam ikut bertanggung jawab menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat. Sebab saat ini lahan persawahahan semakin susut akibat alih-guna lahan. 

    Hal itu juga mendorong Kodam III Siliwangi ikut bergerak untuk ikut membantu menjaga produksi padi yang sangat penting bagi ketahanan pangan masyarakat.

    "Agar panen dapat berhasil baik, kita juga harus cermat dalam memilih bibit padi," kata Kunto, usai berkunjung ke Rumah Pilla di Rajagaluh, Majalengka pada Rabu, 10 Juli 2020 lalu.

    Mendengar penjelasan itu pengelola Rumah Pilla, yang juga mengelola lahan sawah, tak keberatan lahannya dijadikan sebagai sawah percontohan. Apalagi tujuan awal Rumah Pilla memang untuk mendorong petani.

    "Kami berharap para petani di kawasan ini dapat mengelola sawah mereka secara organik. Agar hasil panen lebih sehat dan harga jualnya lebih tinggi," kata pemilik Rumah Pilla Artsanti.

    Menurut Artsanti, Rumah Pilla didirikan untuk dapat memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat. Pihaknya juga bakal memberikan pelatihan para petani.

    "Kami akan menggunakan bibit M75D, yang dapat dipanen hanya dalam waktu 75 hari," kata Artsanti.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id