RSUP Sardjito Pastikan Keluarga Guru Besar UGM Bebas Covid-19

    Ahmad Mustaqim - 24 Maret 2020 12:36 WIB
    RSUP Sardjito Pastikan Keluarga Guru Besar UGM Bebas Covid-19
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: RSUP Dr Sardjito Yogyakarta memastikan keluarga dari guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM), Iwan Dwiprahasto, bebas dari paparan virus korona covid-19. Kepastian didapat setelah tim rumah sakit memeriksa sejumlah orang yang terlibat kontak dengan almarhum, termasuk istri Adi Utarini.

    "Sebagian sudah diketahui hasilnya, seperti Prof Uut (panggilan Adi Utarini) selaku istri dari almarhum itu negatif hasil pemeriksaannya. Dan keluarga juga sudah diperiksa. Jadi hal ini tidak perlu menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan," kata Pelaksana harian Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Rukmono Siswishanto melalui siaran pers, Selasa, 24 Maret 2020.

    Baca: Guru Besar UGM yang Terjangkit Korona Meninggal

    Rukmono memastikan jika Iwan meninggal karena terpapar virus korona covid-19 pada Selasa dini hari, pukul 00.04 WIB. Proses perawatan guru besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM itu telah dilakukan sejak sepakan lalu.

    "Prof Iwan memang sudah diketahui positif covid-19 dan di dalam perawatan d ICU beliau meninggal karena penyakitnya," jelas Rukmono.

    Menurut Rukmono jenazah Iwan langsung dimakamkan di Pemakaman Keluarga Besar UGM di kawasan Sawitsari, Condongcatur, Kabupaten Sleman. Jenazah guru besar tersebut tak disemayamkan ke Balairung UGM menyusul risiko penyebaran virus covid-19.

    Dalam catatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di DIY, kasus itu menjadi yang pertama dalam konteks kematian pasien positif virus korona. Ada dua pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal, 61 pasien menunggu hasil uji lab, 20 orang dinyatakan negatif, dan satu pasien sembuh.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id