Gugus Tugas Jabar Intensifkan Tes Covid-19 di Stasiun Bogor dan Bojong Gede

    Roni Kurniawan - 25 Juni 2020 18:36 WIB
    Gugus Tugas Jabar Intensifkan Tes Covid-19 di Stasiun Bogor dan Bojong Gede
    Ilustrasi hasil rapid test. (Foto: MI/Cikwan Suwandi)
    Bandung: Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, terus mengintensifkan tes virus korona bagi pelaku perjalanan di sejumlah pintu masuk wilayah. Langkah itu dilakukan sebagai upaya pencegahan kasus impor (imported case) covid-19.

    Koordinator Sub Divisi Pengawasan Massa dan Penegakan Aturan, Dedi Taufik Kurrohman, mengatakan operasi gabungan dan tes covid-19 masif akan dilaksanakan di Stasiun Bogor dan Bojong Gede pada Jumat, 26 Juni 2020.

    "Saat ini kami terus melakukan persiapan operasi gabungan dan pengetesan masif," kata Dedi, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 25 Juni 2020.

    Menurut Dedi, pengguna moda transportasi kereta api di dua stasiun itu mencapai 250.000 orang per hari. Pengawasan dan pengetesan dilakukan sebagai deteksi dini, mengingat Jabodetabek menjadi episentrum penyebaran covid-19. 

    Baca juga: Bus AKAP dan AKDP di Kota Serang Kembali Mengaspal

    Ia menilai operasi gabungan dan tes masif efektif mencegah perluasan sebaran covid-19. "Agar nanti yang mau masuk Jabar betul-betul dalam kondisi sehat, sebab saat ini Jabar sudah dalam kondisi yang lebih baik," ucapnya. 

    Sementara itu, koordinator Sub Divisi Sterilisasi Fasilitas Publik, Hery Antasari, menuturkan sampel tes masif akan diambil secara acak. Gugus tugas provinsi menyediakan 1.000-1.200 rapid test kit dalam operasi gabungan tersebut. 

    "Tes dilakukan ketika (stasiun) sedang padat-padatnya, agar semaksimal mungkin kami mendapatkan yang mewakili apa yang terjadi di lapangan," kata Hery. 

    Menurut Hery, operasi gabungan dan tes masif bertujuan mengedukasi masyarakat khususnya pelaku perjalanan untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan. 

    "Selain di stasiun kereta api, tes akan bergeser ke moda angkutan lain, misalnya masuk ke terminal dan bandara. Ini akan dilakukan terus," jelas dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id