Korban Banjir Bandang Luwu Utara Kembali Bertambah

    Muhammad Syawaluddin - 16 Juli 2020 19:22 WIB
    Korban Banjir Bandang Luwu Utara Kembali Bertambah
    Sejumlah tim Gabungan SAR mengevakuasi jenazah saat ditemukan usai banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Kamis, 16 Juli 2020. FOTO/ANTARA/HO/Humas Basarnas Makassar
    Makassar: Korban jiwa akibat banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara kembali bertambah. Dari data Badan Sar Nasional (Basarnas) Kota Makassar, hingga saat ini sudah ada sebanyak 30 orang yang ditemukan dalam keadaan meninggal.

    "Hingga hari ini korban yang ditemukan meninggal dunia ada 30 orang," kata Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 16 Juli 2020.

    Mustari menjelaskan dari beberapa korban yang ditemukan, tiga korban terakhir ditemukan di Kecamatan Baebunta, di dua desa berbeda yakni Desa Radda, dan Desa Meli. Ketiganya saat ini telah dievakuasi ke Puskesmas Baebunta untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

    Hingga saat ini kata Mustari, Tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap korban yang dinyatakan hilang. Dari data BPBD Luwu Utara, ada sebanyak 69 orang yang dinyatakan masih hilang sejak Senin, 13 Juli 2020.

    "Kalau yang selamat itu ada sebanyak 1.542 orang," jelasnya.

    Baca: Ribuan Warga Telah Dievakuasi dari Luwu Utara

    Kepala BPBD Kabupaten Luwu Utara, Muslim Muchtar, mengatakan untuk mendukung pencarian para korban, pihaknya juga melakukan pembersihan jalur, khususnya Jalan Trans Sulawesi agar distribusi logistik bisa dilakukan dengan maksimal.

    Ia mengungkapkan saat ini ribuan pengungsi yang dievakuasi terbagi ke 39 posko. "Ini penting dalam rangka mobilisasi untuk logistik sebagai kebutuhan dasar masyarakat, khususnya yang mengungsi," ungkap Muslim.

    Sejauh ini dari data Badan SAR Nasional (Basarnas) ada sebanyak 4.202 kepala keluarga terkena dampak di tiga kecamatan. Ratusan rumah warga juga rusak akibat terbawa arus air dan tertimbun lumpur. Serta sebanyak 2.000 kendaraan roda dua dan roda empat. Dengan kerugian ditaksir hingga miliaran rupiah.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id