comscore

Kota Depok Siapkan Rp5 Miliar untuk Penanggulangan Longsor

Media Indonesia.com - 23 Maret 2022 13:03 WIB
Kota Depok Siapkan Rp5 Miliar untuk Penanggulangan Longsor
Ilustrasi.
Depok: Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, pada tahun ini menganggarkan dana APBD sebesar Rp5 miliar khusus untuk penanganan longsor. Ada 50 titik longsor di Kota Depok akibat hujan deras selama 2 bulan terakhir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianti mengatakan, segera menangani proyek tersebut. Sebab, tahun anggaran 2022, sudah memasuki Maret, sehingga sisa waktu tinggal sembilan bulan lagi.
"Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar. Ini sebagai bukti Pemkot Depok, serius untuk meningkatkan infrastruktur, khususnya longsor di daerah ini, " katanya, Rabu, 23 Maret 2022.

Karena itu, lanjutnya ia berharap 50 titik longsor segera dilakukan pelelangan di Unit Layanan Pengadaan (ULP) termasuk perbaikan jalan jembatan dan saluran drainase di wilayah tersebut.

Baca juga: BPBD Jember Ingatkan Warga Waspadai Banjir dan Longsor

Perbaikan 50 titik yang longsor di wilayah Kota Depok akan dilakukan dengan sistem tuntas. Artinya, jika panjang tebing kali atau sungai dan panjang turap longsor 25 meter, perbaikan dilakukan sepanjang tebing kali dan sepanjang turap tersebut.

Dengan sistem ini, kata Citra, perbaikan tebing kali dan turap yang longsor di Kota Depok dapat dituntaskan.

"Target kita dalam tahun ini, 50 titik longsor di Kota Depok dalam kondisi mulus sehingga saat hujan deras, permukiman di Kota Depok tidak terdampak banjir lagi," ujarnya.

Ia mengatakan penangan longso di Kota Depok sudah dilaksanakan secara maksimal, hanya saja pada Februari lalu hujan turun sangat deras hingga menjebol dinding turap dan tebing kali.

Baca juga: Longsor Putus Kabel Telkom di Wonosobo

"Pemkot Depok sudah berkomitmen akan memperbaiki seluruh tebing kali dan turap yang longsor, termasuk jalan rusak ringan, sedang, dan berat sehingga arus transportasi darat antarkota di wilayah Kota Depok dapat berjalan lancar," terang dia.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Depok Arga Dharma Tubagus menambahkan 50 titik tebing kali dan turap longsor terdapat di 63 kelurahan 11 kecamatan. Namun paling banyak ada di tiga wilayah Kecamatan.

"Titik longsor paling banyak ada di wilayah Kecamatan Cimanggis, Kecamatan Sawangan, dan Kecamatan Limo. Ini sudah kami petakan untuk ditangani tahun ini, " jelasnya.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id