Video Joget Mak-Mak Viral, Kapal Wisata Phinisi Dilarang Beroperasi Sementara

    Muhammad Syawaluddin - 14 September 2021 23:16 WIB
    Video Joget Mak-Mak Viral, Kapal Wisata Phinisi Dilarang Beroperasi Sementara
    ilustrasi Medcom.id



    Makassar: Sebuah video mak-mak tengah berjoget di sebuah kapal Phinisi tanpa menerapkan protokol kesehatan saat pandemi covid-19 viral di media sosial.

    Dalam video berdurasi 38 detik itu nampak sekumpulan orang yang rata-rata adalah mak-mak  mendengarkan musik sambil berjoget di kapal wisata Phinisi tanpa menggunakan masker. Dalam rekaman itu mereka mengelilingi meja makan sambil bernyanyi.

     



    Menanggapi adanya peristiwa itu, Plt Kasatpol PP Kota Makassar, Iqbal Asnan, mengatakan bahwa pihaknya telah memanggil pengelola kapal wisata tersebut dan melakukan klarifikasi terkait pelanggaran penerapan protokol kesehatan di saat PPKM Level 4 berlangsung di Kota Makassar.

    "Kita sudah BAP pengelola dan kapten kapal. Untuk sementara kapal wisata tidak boleh melakukan aktivitas," kata Iqbal di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 14 September 2021.

    Baca: Pemkot Tegal Pantau Kesehatan Balita yang Kerap Makan Tanah

    Dia mengatakan pihaknya meminta kepada pengelola kapal phinisi tersebut dalam jangka waktu lima hari untuk tidak melakukan aktivitas. Menurutnya keputusan itu diambil untuk menyusun kembali standar operasional prosedur, khususnya penerapan protokol kesehatan.

    "Lima hari itu, kita tunggu sampai ada standar operasionalnya. Bisa lebih lima hari kalau pengelola belum menyusun dan menyerahkan kepada kami," jelasnya.

    Sementara salah satu pengelola Kapal Pusaka Phinisi, Ahmad Zulkarnain Zaenal, mengatakan pihaknya mengakui bahwa apa yang terjadi di kapal adalah sebuah kelalaian. Sehingga pihaknya pun berjanji untuk lebih memperketat penerapan protokol kesehatan.

    "Kami akan mengevaluasi untuk penerapan protokol kesehatan. Bahkan akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang digalakkan pemerintah," jelasnya.

    Ia menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Jumat, 10 September 2021. Saat itu para pengguna kapal wisata Phinisi di Makassar baru saja selesai melakukan makan malam sehingga mereka tidak menggunakan masker.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id