PPKM Kudus Turun ke Level 3, Ini Kelonggarannya

    Rhobi Shani - 03 Agustus 2021 15:05 WIB
    PPKM Kudus Turun ke Level 3, Ini Kelonggarannya
    Bupati Kudus, HM Hartopo. Medcom.id/ Rhobi Shani.



    Kudus: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, mulai melonggarkan beberapa aturan di masa pandemi covid-19.  Pasalnya, Kota Kretek kini menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

    "Seperti kelonggaran jam malam dari yang semula jam 8, nanti akan dilonggarkan sampai jam 9," ujar Bupati Kudus HM Hartopo saat ditemui di BLK Kudus, Selasa, 3 Agustus 2021.

     



    Kemudian, pemberian izin bagi pedagang kaki lima (PKL) dan warung makan untuk buka sampai pukul 20.00 WIB dan melayani makan di tempat. Namun, jumlah pengunjung maksimal 25 persen dan waktu makan maksimal 30 menit.

    Selain itu, kebijakan penyekatan ruas jalan dan pemadaman lampu penerangan jalan umum (PJU) di malam hari akan dievaluasi. Pemkab Kudus bersama Forkopimda Kudus akan membahas lebih lanjut dan mengevaluasi kebijakan tersebut.

    "Kalau itu kebijakan dari kita (Pemkab Kudus), kita bisa lakukan evaluasi. Tapi kalau kebijakannya dari pusat, kita tidak bisa. Kita harus mengacu aturan dari pusat," kata Hartopo.

    Untuk sektor wisata, Hartopo menegaskan pariwisata di Kudus belum bisa buka. Sebab, pemerintah pusat belum memberi lampu hijau terkait pembukaan objek wisata di perpanjangan PPKM.

    "Pariwisata belum buka. Karena ini kebijakan dari pusat. Jadi kita tidak memberikan kebijakan pembukaan," sambungnya.

    Baca: Puskemas Bandar Kedungmulyo Jombang Disegel Kepala Desa

    Hartopo juga mengingatkan warga Kudus agar tetap patuh protokol kesehatan (prokes). "Kejadian kemarin jangan sampai terjadi lagi. Saya pesan pada masyarakat untuk senantiasa menjaga prokes," tutur Hartopo.

    Status Kabupaten Kudus turun dari zona level 4 menjadi level 3. Hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan Senin, 2 Agustus 2021. 

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id