Menyedihkan! Ruang Kelas Tak Cukup, Siswa SD Ini Belajar di Kolong Rumah Warga

    MetroTV - 07 Oktober 2021 19:16 WIB
    Menyedihkan! Ruang Kelas Tak Cukup, Siswa SD Ini Belajar di Kolong Rumah Warga
    Situasi kegiatan belajar mengajar di SDN 042 di Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Tangkapan Layar Metro TV)



    Polewali Mandar: Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 042 Kunyi, Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) terpaksa belajar di kolong rumah warga karena tidak memiliki ruangan kelas. Pemerintah diharap dapat memberikan bantuan untuk penambahan ruang kelas baru.

    Lokasi belajar tersebut terletak tepat di samping kandang ayam milik warga. Bau yang tidak sedap dari kandang ayam membuat siswa merasa tidak nyaman.

     



    "Keluhannya yang pasti pertama mungkin agak risih dengan keadaan karena berdekatan dengan kandang ayam. Kemudian, agak lembab juga lantainya, dan juga area bermainnya juga kurang," ujar PLT Kepala Sekolah SDN 042 Kunyi, Ishak Bahar dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Kamis, 7 Oktober 2021.

    SDN 042 Kunyi hanya memiliki dua ruang kelas. Dua ruangan tersebut kemudian disekat menjadi empat ruangan. Hal ini tentu tidak mencukupi kebutuhan ruang kelas bagi para siswa kelas 1 hingga kelas 6 yang berjumlah 83 orang.

    Siswa kelas 3 hingga kelas 6 belajar di ruang kelas yang tersedia. Namun, siswa kelas 1 dan kelas 2 yang tidak kebagian kelas pun harus belajar di bawah kolong rumah warga. 

    Sejak berdiri pada 2012, SD ini belum pernah mendapatkan bantuan perbaikan sekolah. Olehnya, pemerintah diharapkan dapat membantu penyediaan ruang kelas agar para siswa dapat belajar dengan nyaman.

    "Fasilitasnya kurang memadai karena ruang kelasnya seharusnya ada ruang kelas baru, tapi kondisinya sampai saat ini belum ada. Mudah-mudahan ke depannya Pemda melihat ini dan kita diberikan bantuan untuk itu, untuk ruang kelas baru," kata Ishak.

    Pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan bagi pembelajaran tatap muka, meski dalam kondisi darurat. Siswa diwajibkan untuk mencuci tangan, memakai masker, dan mengecek suhu tubuh.

    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id