2 Terduga Teroris di Luwu Timur Bertugas Mencari Lokasi Latihan Tembak

    Muhammad Syawaluddin - 01 Desember 2021 19:06 WIB
    2 Terduga Teroris di Luwu Timur Bertugas Mencari Lokasi Latihan Tembak
    Ilustrasi Medcom.id



    Makassar: Detasemen Khusus (Densus) 88 menangkap dua terduga teroris di Kabupaten Luwu Timur. Kedua terduga teroris tersebut bertugas sebagai pencari lokasi untuk latihan menembak. 

    Pelaksana tugas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ade Irawan, mengatakan kedua pelaku yakni MU dan MM bertugas sebagai tim yang mempersiapkan lokasi jaringan Jemaah Islamiyah untuk berlatih menembak. 

     



    "Kedua terduga teroris berdomisili di Luwu Timur. Keduanya juga ditangkap di sana," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 1 Desember 2021.

    Ia juga mengatakan, dua terduga teroris itu diketahui masuk dalam struktur Jamaah Ansarut Daulah yakni anggota Toliyah wilayah Sulawesi. Anggota Toliyah ini bertugas untuk memfasilitasi tempat pertemuan maupun tempat peristirahatan tamu dari wilayah Sulawesi Selatan. 

    "Anggota Toliyah ini juga bertugas menyimpan senjata milik organisasi Jemaah Islamiah di wilayah Sulawesi," ungkapnya. 

    Baca: 2 Terduga Teroris Ditangkap di Luwu Timur

    Tersangka MU dari informasi yang didapatkan telah beberapa kali mengikuti pertemuan dengan anggota Jemaat Islamiyah lainnnya di daerah Jawa Tengah.

    "Kemudian tersangka MU juga berperan untuk mencari lahan yang akan digunakan sebagai lokasi Tadrib atau latihan di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara," jelasnya lagi. 

    Keduanya juga telah mengikuti sejumlah latihan atau Tadabbur Alam di Pulau Bulo-Buloe yang terletak di sekitar Teluk Bone. Salah satunya adalah latihan menggunakan senjata api yang didapat dari jaringan mereka. 

    "Kaduanya juga pada 2008 melakukan pelatihan di daerah Siwa, di mana dalam pelatihan tersebut selain melakukan kegiatan fisik juga diisi dengan pengenalan senjata api melalui gambar," ungkapnya. 

    Sebelumnya, Densus 88 menangkap dua terduga teroris yakni MU dan MM. Keduanya ditangkap di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 

    Kedua terduga teroris ditangkap di lokasi dan waktu yang berbeda. M alias AB diringkus di Dusun Kuwarasan, Kelurahan Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, sekitar pukul 09.55 Wita pada Rabu, 24 November 2021.

    Sedangkan, M alias AA ditangkap di Dusun Pasi-pasi, Kelurahan Pasi-pasi, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, sekitar pukul 07.30 Wita pada Jumat, 26 November 2021. Kedua terduga teroris tersebut saat ini ditahan di tahanan Mabes Polri. 


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id