Sungai Mezawa Meluap, Puluhan Rumah di Nias Kebanjiran

    Lukman Diah Sari - 25 Oktober 2021 06:46 WIB
    Sungai Mezawa Meluap, Puluhan Rumah di Nias Kebanjiran
    Banjir yang merendam rumah di wilayah Dusun 3, Desa Tetehosi, Kecamatan Idano Gawo, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Barat, Minggu (24/10). (BNPB)



    Jakarta: Hujan dengan intensitas tinggi memicu debit air Sungai Mezawa meluap di Kabupaten Nias, Sumatra Utara. Sehingga menyebabkan  kurang lebih 40 rumah terendam banjir, pada Minggu, 24 Oktober 2021 pukul 14.00 WIB.

    "Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias mendata rumah terdampak banjir berada di Dusun 3, Desa Tetehosi, Kecamatan Idano Gawo," ujar Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, melalui keterangan resmi, Senin, 25 Oktober 2021. 

     



    Dia menerangkan, cuaca di sekitar lokasi saat ini cerah. BPBD Kabupaten Nias melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak terkait, serta melakukan persiapan untuk meninjau langsung lokasi terdampak.

    Baca: Banjir di Samarinda Diduga karena Kerusakan Ruang Sungai

    "Kajian inaRISK menunjukkan Kabupaten Nias memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada enam kecamatan," ungkapnya. 

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) turut mengeluarkan peringatan dini hujan lebat yang berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor di wilayah pegunungan, lereng timur dan pesisir timur Sumatera Utara pada 24 Oktober 2021.

    Adapun prakiraan cuaca tiga harian per 24 hingga 26 Oktober 2021 menunjukkan wilayah Provinsi Sumatra Utara berawan dan hujan ringan. BNPB mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan memantau prakiraan cuaca dari BMKG serta kajian risiko bencana wilayah sekitar melalui inaRISK.


    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id