Polda Jatim Dirikan 95 Posko Observasi Pemudik

    Amaluddin - 04 April 2020 08:04 WIB
    Polda Jatim Dirikan 95 Posko Observasi Pemudik
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Polda Jawa Timur mendirikan 95 posko pemantauan kedatangan pemudik di sejumlah titik kedatangan. Hal ini sebagai iupaya antisipasi pemudik yang nekat pulang ke kampung halaman di tengah pendemi covid-19 (korona). 

    "Posko ini bagian dari Gugus Tugas Covid-19 Jatim. Mekanismenya para pemudik wajib dilakukan pengecekan di posko. Karena ketika pemudik datang otomatis berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP)," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, di Surabaya, Jumat malam, 3 April 2020.

    Truno mengatakan posko tersebar di bandara, terminal, stasiun, pelabuhan, hingga di jalan utama arus jalur mudik. "Kami juga akan mendata mereka, perantau dari mana dan mau pulang kemana, dan lainnya," ujarnya.

    Baca: Pemudik di Sidoarjo Dipastikan Jalani Tes Kesehatan

    Sebelum pemudik sampai di rumah masing-masing, mereka akan diobservasi terlebih dahulu, seperti mengecek suhu tubuh dengan thermal gun, serta penyemprotan disinfektan ke kendaraan. Jika terindikasi gejala covid-19, maka diminta isolasi mandiri. 

    Sebaliknya, jika pemudik dinyatakan aman atau sehat Dinas Kesehatan setempat, maka bisa melanjutkan perjalanan menuju ke daerah asalnya. "Nantinya kami juga akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, untuk kemudian akan diantarkan ke rumah sakit rujukan untuk dilakukan rapid test," pungkasnya.

    Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jatim per 3 April 2020, pasien positif covid-19 di Jatim meningkat drastis mencapai 152 orang, bertambah 49 dari sebelumnya 103 orang. Dari angkat tersebut, 11 orang meninggal dan 28 pasien sembuh dari korona.

    Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim mencapai 717 orang dari sebelumnya 420 orang. Lalu orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 9.435 orang dari sebelumnya 6.565 orang.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id