Peristiwa Daerah Sepekan, Marak Penimbunan Masker Hingga 21 Warga NTT Tewas Akibat DBD

    Deny Irwanto - 08 Maret 2020 11:18 WIB
    Peristiwa Daerah Sepekan, Marak Penimbunan Masker Hingga 21 Warga NTT Tewas Akibat DBD
    Rempah kunyit dan sereh. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
    Jakarta: Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan Indonesia pada 2-7 Maret 2020. Salah satu yang menyita perhatian publik adalah dua warga Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif terjangkit virus korona baru. 

    Imbas dari kejadian tersebut, masyarakat di beberapa wilayah menjadi panic buying dan tak terkontrol. Kecemasan berlebihan masyarakat juga menyebabkan kelangkaan masker dan hand sanitizer.

    Sementara di Papua, warga negara asing (WNA) diusulkan dilarang masuk untuk mencegah penyebaran virus korona baru di Bumi Cendrawasih.

    Berikut beberapa kejadian dalam sepekan terakhir yang dirangkum Medcom.id;

    1. Penimbunan masker akibat korona

    Presiden Joko Widodo mengumumkan dua warga Depok, Jawa barat, terpapar virus korona pada Senin, 2 Maret 2020. Keduanya tertular virus dari warga negara Jepang yang juga bertandang ke kediamannya beberapa waktu lalu.

    Akibat kejadian tersebut, sejumlah masyarakat di berbagai daerah panik hingga membeli banyak masker dan hand sanitizer. Bahkan di beberapa daerah, harga masker naik 10 kali lipat karena kelangkaan dan tingginya permintaan.

    2. Bukan hanya berimbas pada langkanya masker dan hand sanitizer, virus korona juga membuat harga empon-empon melambung. Di Solo, Jawa Tengah, penjualan yang meningkat antara lain terjadi pada jahe, sere, jahe merah, kunyit, dan temulawak.

    Temulawak sebelumnya Rp6 ribu, jahe Rp40 ribu, kunir Rp10 ribu per kilogram. Sekarang temulawak jadi Rp15 ribu, jahe Rp50 ribu dan kunir atau kunyit Rp15 ribu. Bahkan harga jahe merah melonjak tajam hingga Rp70 ribu per kilogram (kg) di Pasar Horas dan Pasar Parluasan, Pematangsiantar, Sumatera Utara.

    3. Larang salaman untuk cegah korona
    Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengimbau sekolah menghentikan sementara tradisi salaman atau berjabat tangan antara murid dan guru. Imbauan tersebut dikeluarkan untuk mencegah penyebaran virus korona baru.

    Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suparmadi, mengatakan kebijakan itu merupakan salah satu poin imbauan Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur kepada kepala TK, SD, SMP negeri dan swasta di Kabupaten Kotawaringin Timur. Imbauan itu disampaikan melalui surat edaran yang dikirim ke seluruh sekolah.

    4. Kapal pesiar Viking Sun dilarang bersandar di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pelarangan tersebut muncul lantaran dua dari 1.308 penumpang dinyatakan suspect virus korona, setelah melalui pemeriksaan ketika kapal sandar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Mayoritas dari para penumpang adalah turis asal Australia dan Inggris.

    5. Ribuan rumah dan fasilitas umum di Pekalongan, Jawa Tengah, terendam banjir hingga sekitar 15 hari. Imbas kejadian tersebut, ratusan kepala keluarga harus mengungsi.

    Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan persoalan utama banjir di Pekalongan adalah buruknya drainase. Perlu langkah cepat untuk mengurangi volume banjir di tengah masih tingginya intensitas hujan.

    6. Sebanyak 21 warga di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meninggal akibat serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) kurun waktu Januari-Maret 2020.

    Data pada Dinas Kesehatan NTT, penyakit demam berdarah melanda enam kabupaten/kota dengan 1.831 kasus. Sebanyak 21 orang di antaranya meninggal.

    7. Bupati Waropen Yermias Bisay ditetapkan tersangka kasus penerimaan gratifikasi Rp19 miliar oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua.

    Massa pendukung Bupati Waropen, Yermias Bisai, tidak terima dengan penetapan tersangka terhadap Yermias. Massa yang tidak terima melakukan perusakan beberapa faslitas pemerintahan di kabupaten tersebut.

    Fasilitas yang dirusak oleh massa diantaranya beberapa ruangan di kantor Bupati Kabupaten Waropen, ruang bupati, ruangan wakil bupati, kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kantor Bappeda, kantor Dinas Kesehatan, kantor Dinas Pendidikan, dan kantor BPBD.


    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id