Bandara Soetta Perketat Pengawasan Penumpang Asal Korsel

    Hendrik Simorangkir - 28 Februari 2020 20:32 WIB
    Bandara Soetta Perketat Pengawasan Penumpang Asal Korsel
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Tangerang: Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta memperketat pengawasan terhadap penumpang asal Korea Selatan. Kepala KKP Kelas I Bandara Soetta, Anas Ma'ruf, mengatakan pengawasan penumpang langsung dilakukan ke dalam kabin sesaat setelah pesawat tiba.

    "Petugas KKP beserta dengan petugas yang lain melakukan pemeriksaan di atas pesawat. Artinya untuk menemukan secara dini orang yang perlu diawasi atau penumpang yang harus mendapat perhatian," kata Anas di Tangerang, Jumat, 28 Februari 2020.

    Anas menjelaskan pengetatan pengawasan terhadap penumpang asal Korea Selatan dilakukan karena kasus virus korona meningkat tajam beberapa hari terakhir di negara tersebut. Anas mengatakan pemeriksaan dilakukan sebanyak dua kali terhadap penumpang asal negeri ginseng tersebut.

    "Pertama dilakukan pemeriksaan menggunakan Thermo Gun di dalam kabin pesawat dan kedua pemindaian suhu tubuh menggunakan Thermal Scanner di Terminal Kedatangan. Kami tidak tidur, kita tetap meningkatkan pengawasan terhadap kedatangan penumpang dan juga personel pesawat yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta," jelas Anas.

    Menurut Anas sedikitnya 11.000 penumpang dari berbagai negara diperiksa setiap harinya di Bandara Soekarno-Hatta. Apabila ditemukan penumpang yang dicurigai, akan diperiksa lebih lanjut oleh petugas KKP Bandara Soetta. 

    "Kita juga melakukan pemeriksaan tanda dan gejala apakah ada orang yang demam, sesak atau batuk akan diperiksa lebih lanjut oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan. Kemudian penumpang yang sehat diberikan kartu kewaspadaan kesehatan," pungkas Anas.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id