Kendaraan Berpelat Luar DIY Dilarang Masuk, Polisi Sekat 4 Titik Perbatasan

    Ahmad Mustaqim - 29 April 2021 13:01 WIB
    Kendaraan Berpelat Luar DIY Dilarang Masuk, Polisi Sekat 4 Titik Perbatasan
    Ilustrasi bangunan tugu di wilayah Kota Yogyakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim



    Sleman: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan penyekatan ketat di titik perbatasan dengan Jawa Tengah. Empat titik perbatasan yang dijaga yakni di Kecamatan Temon (Kulon Progo), Kecamatan Prambanan dan Tempel (Sleman), dan Kabupaten Gunungkidul.

    Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Komisaris Besar Iwan Saktiadi, mengatakan penyekatan diberlalukan sejak larangan mudik diterapkan, pada 6-24 Mei mendatang. Ia mengatakan, kendaraan bernomor polisi (bernopol) luar DIY tak diperkenan masuk, kecuali untuk keperluan logistik.  






    "Petugas di pos penyekatan memastikan tak ada kendaraan plat luar (DIY), terutama warga ber-KTP luar Yogyakarta masuk selama larangan mudik lebaran," kata Iwan di Yogyakarta, Kamis, 29 April 2021.

    Selain empat lokasi itu, kata dia, penjagaan juga dilakukan di berbagai titik di dalam wilayah DIY. Peran penjagaan di pos dalam wilayah mengawasi kendaraan luar daerah yang melintas, termasuk antisipasi pengendara dari luar daerah yang telanjur masuk dan berasal dari zona merah penyebaran covid-19.

    Baca: Tunjangan ASN Bandung Nekat Mudik Bakal Dipotong 50%

    "Setidaknya ada enam pos (penjagaan) di dalam perkotaan. Setiap kendaraan akan diawasi di dalam perkotaan," jelasnya.

    Menurut dia, petugas perlu mengantisipasi keberadaan pengendara yang masuk tidak melalui jalur utama. Selain itu, penjagaan di dalam kota juga diperlukan untuk mengawasi pengendara yang masuk bertujuan wisata.

    "Jalur alternatif dan jalan utama tetap dijaga ketat. Yogyakarta memiliki potensi mobilitas yang tinggi, termasuk saat libur Lebaran," ungkapnya.

    Ia menambahkan, uji coba penyekatan akan dimulai pada 30 April 2021. Di sisi lain, Polda DIY akan melakukan rapid tes antigen secara acak bagi pengendara sebagai bagian skrining potensi penyebaran covid-19.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id