Bali Targetkan 3.000 Sampel Tes Usap Covid-19 Per Hari

    Antara - 15 Oktober 2020 14:38 WIB
    Bali Targetkan 3.000 Sampel Tes Usap Covid-19 Per Hari
    ilustrasi Medcom.id
    Denpasar: Provinsi Bali melalui Satgas Penanganan Covid-19 menyiapkan peralatan PCR untuk memenuhi target 3.000 sampel tes usap covid-19 per hari.

    Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, mengatakan PCR yang ada saat ini sebanyak 18, namun hanya 14 yang siap dan masih memerlukan tenaga ahli untuk mengoperasionalkan.

    "Bali akan melakukan 3T, yaitu testing, tracing, treatment. Untuk tes ini baru 700 per hari dan diharapkan bisa 3.000 sampel tes usap per hari dengan mempersiapkan peralatan PCR," kata Husein di Denpasar, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Baca: Kabupaten Bintan Targetkan Akhir Oktober Zona Hijau Covid-19

    Husein menjelaskan saat ini Bali menjadi salah satu prioritas karena posisi Bali yang dikenal dalam skala internasional dalam urusan pariwisata. Menurutnya jika Bali lebih cepat pulih dibandingkan tempat lain, seluruh dunia akan melihat bahwa Indonesia pulih.

    Menurutnya pemerintah memprioritaskan Bali untuk melakukan 3T. Terkait pelaksanaan testing, BNPB siap mem-back up Provinsi Bali untuk meningkatkan pelaksanaan testing dari sebelumnya 700 sampel per hari menjadi 3.000 sampel per hari dengan dukungan peralatan yang disiapkan oleh BNPB.

    Dalam prosesnya nanti diharapkan dalam waktu sekitar dua bulan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali menjadi zona hijau. Meskipun konsekuensinya akan ada penambahan kasus positif harian secara signifikan pada pekan pertama.

    "Dari hasil tes usap 3.000 per hari, akan segera dipisahkan orang-orang yang terindikasi dan terpapar. Kita tempatkan di hotel, nggak boleh di rumah lagi. Dengan dikarantina di hotel, diharapkan dalam waktu relatif cepat bisa sembuh dan kita kembalikan ke rumah masing-masing," ujarnya.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id