Bandung Zona Merah Covid-19, Tempat Hiburan Tetap Buka

    Roni Kurniawan - 07 Oktober 2020 22:15 WIB
    Bandung Zona Merah Covid-19, Tempat Hiburan Tetap Buka
    Ilustrasi. Medcom.id
    Bandung: Pemerintah Kota Bandung masih mengizinkan tempat hiburan tetap beroperasi saat zona merah covid-19. Pemkot Bandung menilai sektor tersebut tidak memunculkan kasus baru penyebaran covid-19.

    "Masih tetap buka seperti yang telah diberikan relaksasi sebelumnya, karena sampai sekarang tidak ada klaster baru di sektor yang direlaksasi itu," ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Puluhan tempat hiburan seperti karaoke, diskotik hingga pub malam telah diberikan relaksasi sejak dua bulan terakhir oleh Pemkot Bandung di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sebagai upaya pemulihan ekonomi. 

    Memasuki status zona merah, Oded menilai tidak perlu mengurangi relaksasi yang telah diberikan termasuk mengubah Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung Nomor 37,46, dan 52 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru.

    Baca: Sanksi Pidana di Raperda Penanganan Covid-19 Masih Digodok

    "Kami tidak akan mengeluarkan Perwal baru. Adapun jika PSBM diberlakukan, akan diatur dalam Keputusan Wali Kota," cetus Oded.

    Relaksasi yang masih dipertahankan yakni di pusat perbelanjaan atau mal. Oded menilai, relaksasi masih dibutuhkan agar roda ekonomi terus berputar di Kota Bandung.

    "Jadi tetap relaksasi merujuk pada perwal yang sudah ada," tegas Oded.

    Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan para pengusaha tempat hiburan untuk tutup kembali jika Bandung masuk zona merah. Bahkan aturan tersebut tertuang dalam Perwal Kota Bandung Nomor 50 Tahun 2020 saat dilakukan relaksasi bagi sektor usaha tempat hiburan.

    "Komitmennya begini, kalau di zona kuning, kita boleh melakukan relaksasi, semua yang kita lakukan relaksasi ekonomi maupun sosial. Batasnya 30 persen, tapi kalau sudah agak baikkan 50 persen, tapi kalau ke merah, komitmen kita tutup semua," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis, 3 September 2020.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id