Dinkes Kulon Progo Awasi Ketat 2 Ponpes Klaster Covid-19

    Antara - 19 April 2021 07:37 WIB
    Dinkes Kulon Progo Awasi Ketat 2 Ponpes Klaster Covid-19
    Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati. (ANTARA/Sutarmi)



    Kulon Progo: Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pemantauan dan tracing terhadap dua klaster pondok pesantren, yakni Pondok Pesantren Darul Karim Bumirejo dan Nurul Quran Hargorejo yang menyebabkan puluhan santri terkonfirmasi covid-19.

    "Ada penambahan kasus dari kelompok masyarakat berasal dari Pondok Pesantren Darul Karim Bumirejo, Kecamatan Lendah, dan Nurul Quran Hargorejo, Kecamatan Kokap," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati, Minggu, 18 April 2021.






    Ia mengatakan dari klaster Pondok Pesantren Darul Karim Bumirejo, terdapat 48 kasus, 33 di antaranya terkonfirmasi positif covid-19 dengan rincian 16 kasus dari hasil PCR dan 17 kasus hasil rapid antigen.

    Kasus ini berawal pada awal April, saar salah satu santri Darul Karim mengalami sakit dan gejala anosmia. Setelah itu dilakukan tes antigen hasilnya reaktif dan dilakukan tindakan selanjutnya swab PCR yang hasilnya positif.

    Baca juga: Pasien Sembuh Covid-19 di Aceh Bertambah 100 Orang

    Selanjutnya, petugas melakukan tracing kepada teman dan pengasuh di ponpes tersebut, ternyata ada 32 orang yang terkonfirmasi positif covid-19.

    "Hasil tracing bahwa pada Minggu ketiga dan keempat Maret, ada kunjungan orang tua yang mengunjungi santri yang tinggal di asrama. Salah satu keluarga santri, satu keluarga positif covid-19," katanya.

    Selanjutnya, Dinas Kesehatan juga melakukan pemantauan kepada Ponpes Nurul Quran Hargorejo di Kecamatan Kokap.

    Di sana juga dilaporkan ada beberapa santri yang mengalami gejala anosmia. Pada 15 April, Puskesmas I Kokap melakukan kunjungan ke ponpes tersebut, dan ditemukan 65 santri bergejala. Sementara ini, sudah dilakukan lima test PCR, dan tiga diantaranya terkonfirmasi positif, dan 13 santri dilakukan test antigen, delapan di antaranya terkonfirmasi positif covid-19.

    "Senin dan Selasa (19-20 April) masih akan dilakukan pelacakan di Ponpes Nurul Quran Hargorejo, Kecamatan Kokap," terang dia,
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id