UMK Kota Malang 2021 Naik Rp75 Ribu

    Daviq Umar Al Faruq - 25 November 2020 13:14 WIB
    UMK Kota Malang 2021 Naik Rp75 Ribu
    Ilustrasi. Medcom.id
    Malang: Upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2021 Kota Malang naik sebesar Rp75 ribu. UMK Kota Malang pada 2020 berjumlah Rp2,8 juta, naik menjadi Rp2,9 juta.

    Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, menilai keputusan tersebut terbilang adil. Sebab, nominal kenaikan UMK tersebut diputuskan setelah melalui berbagai pertimbangan.

    "UMK sudah ditetapkan Surabaya. Itu kewenangan Gubernur. Itu diambil jalan tengahnya. Pak Wali ambil di atas gubernur, tapi tidak sesuai dengan usulan kita. Adil," katanya, Rabu 25 November 2020.

    Penentuan jumlah UMK tersebut telah disesuaikan dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 158/53S/KPTS/013/2020 Tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2021. Keputusan yang ditandatangi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 21 November ini diinstruksikan mulai berlaku pada 1 Januari 2021.

    Baca: Buruh di Tangsel Kecewa, Kenaikan UMK cuma 1,5%

    Dalam surat tersebut, ada beberapa ketentuan implementasi UMK. Salah satunya, pengusaha yang telah memberikan upah lebih tinggi dari ketetapan UMP dilarang mengurangi atau menurunkan upah. Kemudian pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari ketetapan UMK.

    Sementara itu, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Malang, Suhirno, mengaku menerima keputusan pemerintah yang sudah ditetapkan. Sebelumnya, SPSI meminta jumlah upah naik menjadi Rp3,053 juta pada saat rapat koordinasi bersama Dewan Pengupahan Kota Malang.

    "Kami terima keputusannya apapun itu. Setelah ini, harapan kami ada pengawasan soal UMK ini oleh pemerintah. Terutama bagi pengusaha/ perusahaan yang belum dapat memberikan gaji sesuai UMK," katanya.

    Sementara itu, 11 dari 38 kabupaten/kota di Jatim tidak mengalami kenaikan UMK 2021. Yaitu Kabupaten Jombang, Tuban, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Bondowoso, Bangkalan, Nganjuk, Sumenep, Kota Madiun, dan Sampang.

    Baca: UMK 2021 di 27 Wilayah di Jawa Timur Naik

    Sedangkan 27 daerah sisanya mengalami kenaikan UMK dengan jumlah bervariasi, mulai Rp25 ribu, Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Misalnya di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Kabupaten Mojokerto, besaran UMK naik Rp100 ribu.

    Untuk kabupaten/kota yang mengalami kenaikan Rp50 ribu yaitu Kabupaten Malang, Probolinggo, Bojonegoro, Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Sedangkan daerah yang mengalami kenaikan UMK Rp25 ribu ada 10 kabupaten/kota. Di antaranya Kota Pasuruan, Batu, Mojokerto, Kediri, Kabupaten Kediri, Trenggalek, Situbondo, Pamekasan, Ponorogo, Magetan. 

    Sisanya meruapkan daerah yang mengalami rasionalisasi kenaikan UMK 2021. Daerah yang mengalami rasionalisasi itu antara lain Kota Malang naik Rp75 ribu, Lamongan naik Rp65 ribu, Tulungagung naik Rp51 ribu, kemudian Pacitan dan Ngawi naik Rp47 ribu, Kabupaten Madiun naik Rp38 ribu, dan Kota Probolinggo naik Rp30 ribu.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id