Kemenhub Prediksi Lonjakan Penumpang Pesawat pada Libur Akhir Tahun

    Hendrik Simorangkir - 24 November 2020 16:10 WIB
    Kemenhub Prediksi Lonjakan Penumpang Pesawat pada Libur Akhir Tahun
    Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (foto: Medcom.id/Hendrik)
    Tangerang: Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto, memprediksi adanya pelonjakan penumpang menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

    Ia memperkirakan pada momen liburan akhir tahun, lonjakan penumpang mencapai 100 ribu orang per hari. Sedangkan pada hari biasa selama pandemi covid-19 jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta hanya sekira 65 ribu per hari.

    "(Jumlah) penumpang diperkirakan (naik) 100 ribuan untuk penerbangan domestik karena penerbangan internasional belum ditentukan," ujar Novie, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 24 November 2020.

    Selain jumlah penumpang, Novie menuturkan, jumlah penerbangan domestik juga diramalkan melonjak pada akhir tahun, mencapai 1.000 pergerakan pesawat per hari di Bandara Soekarno-Hatta. Sementara, pada hari biasa penerbangan pesawat di bandar udara tersebut hanya sekira 600 pergerakan.

    "Sekarang di Bandara Soekarno-Hatta rata-rata 650-700 penerbangan per hari, kemudian pada saat peak season natal dan tahun baru nanti perkirakan movement 1.000-an per hari," beber dia.

    Baca juga: Camat dan Kepala Dinas di Kota Bogor Positif Covid-19

    Novie memastikan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

    Selain memprediksi lonjakan penumpang dan penerbangan, Kemenhub membagikan health kit berisi masker, hand sanitizer, dan stiker imbauan protokol kesehatan. Health kit tersebut dibagikan secara gratis kepada para penumpang yang akan berpergian dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

    "Kita kampanye kesehatan agar masyarakat pengguna transportasi udara yakin kita implementasikan protokol kesehatan ini secara sangat serius," jelasnya.

    Novie menambahkan penerapan protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta sangat serius dan menjadi poin utama dalam aktivitas penerbangan.

    "Tidak main-main, intinya protokol kesehatan jadi yang utama untuk transportasi udara dan mudah-mudahan giat transportasi udara bisa normal kembali," ungkap dia.

    Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.
     
    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id