Gubernur DIY Sebut Warga Terbebani untuk Memakai Masker

    Ahmad Mustaqim - 21 Oktober 2020 16:15 WIB
    Gubernur DIY Sebut Warga Terbebani untuk Memakai Masker
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Sebagian masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dinilai masih abai menjalankan protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya pencegahan penularan covid-19.

    Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan sebagian warga masih beranggapan seperti mengenakan masker sebagai beban.

    "Kalau ada orang pakai masker sebagai beban, bukan kesadaran, meskipun diomongi ping satus (seratus kali), tak akan mau," kata Sri Sultan di kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu, 21 Oktober 2020.

    Baca: Kota Malang Target Zona Kuning Covid-19 Pekan Depan

    Dia menjelaskan masyarakat masih menghadapi masalah dalam hal kedisiplinan. Menurut dia pendidikan yang selama ini didapat tak sepenuhnya bisa mengajarkan bersikap disiplin.

    Meskipun tak mengenakan masker akan diberi sanksi tetap diabaikan. Sri Sultan mengatakan langkah warga memakai masker lebih untuk menghindari sanksi.

    "Pemerintah kabupaten/kota (memiliki aturan) ada sanksi. Tapi harusnya ada kesadaran (menerapkan prokes) yang sifatnya memaksa," jelasnya.

    Sri Sultan berujar kondisi itu tak hanya terjadi di masyarakat DIY. Ia juga menyoroti sejumlah wisatawan masih abai menjalani prokes.

    Pemerintah DIY melalui Satpol PP akan terus mengingatkan prokes dalam berbagai aktivitas publik. Selain itu orang yang berwisata harus memanfaatkan fasilitas pendataan; Jogja Pass.

    "Fasilitas ini untuk memudahkan tracing jika ada kasus positif (covid-19). Jika ada waktu bersamaan di suatu lokasi, masyarakat yang bersangkutan bisa memeriksakan diri," ungkapnya.

    Pemerintah DIY mencatat ada penambahan 33 kasus pada 21 Oktober 2020. Jumlah total kasus positif covid-19 di DIY sebanyak 3.389. Dari jumlah itu sebanyak 2.762 kasus telah dinyatakan sembuh.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id