Pemkot Ambon Siapkan 55 Fasilitas Layanan Vaksinasi

    Antara - 06 Januari 2021 08:10 WIB
    Pemkot Ambon Siapkan 55 Fasilitas Layanan Vaksinasi
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Ambon: Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, telah menyiapkan 55 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19.

    "Di Ambon ada 55 fasyankes yang menjadi sasaran dan masuk dalam input Kemenkes, selanjutnya kita akan tetapkan fasyankes mana yang akan menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, Rabu, 6 Januari 2021.

    Dikatakannya, vaksinasi hanya dapat dilaksanakan di fasyankes milik pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, atau milik masyarakat/swasta yang memenuhi syarat.

    Fasyankes yang dimaksud yakni puskesmas, puskesmas pembantu, pos pelayanan vaksinasi, klinik, rumah sakit, dan unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan.

    "Di Ambon ada 22 puskesmas, ditambah rumah sakit dan sejumlah klinik, semuanya akan diverifikasi akan ditetapkan mana yang menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi," ujarnya.

    Baca juga: Kasus Covid-19 di DIY Bertambah 297

    Selain itu ada syarat yang ditetapkan yakni memiliki sarana rantai dingin sesuai dengan jenis vaksin covid-19 yang digunakan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Memiliki izin operasional fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan pelaksana vaksinasi yang terlatih, dan memenuhi syarat.

    "Kita telah melalukan kunjungan ke fasyankes untuk melihat syarat dan kelayakan, selanjutkan akan ditetapkan fasyankes mana yang akan menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi," jelasnya.

    Tahap awal sebanyak 3.762 tenaga kesehatan di Kota Ambon menjadi sasaran menerima vaksin tahap pertama yang akan dimulai 14 Januari 2021.

    Pelaksanaannya dilakukan dalam empat tahapan yakni tahap pertama dan kedua dimulai 14 Januari-April 2021 dan tahap tiga dan empat akan dimulai 4 April 2021 sampai Maret 2022.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id