Ridwan Kamil Usul Bangun 4 Bendungan Baru di Jabar

    Roni Kurniawan - 09 Januari 2020 18:24 WIB
    Ridwan Kamil Usul Bangun 4 Bendungan Baru di Jabar
    ilustrasi Medcom.id
    Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), mengusulkan pembangunan bendungan baru sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tinggi. Sebanyak empat bendungan baru diusulkan Emil secara langsung kepada Presiden Joko Widodo.

    Hal tersebut diungkapkan Emil saat bertemu dengan Presiden Jokowi bersama kepala daerah lainnya terkait upaya antisipasi dan penanggulanganan bencana di Istana Merdeka, Rabu, 8 Januari 2020 kemarin.

    Emil menuturkan, pembangunan bendungan sangat diperlukan secara mendesak untuk menahan debit air sehingga tidak meluap ke pemukiman dan mengakibatkan banjir.

    "Saya dan Pak Rahmat Efefendi (Wali Kota Bekasi) mengusulkan bendungan bendungan baru termasuk yang menyebabkan banjir di Karawang," ujar Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis, 9 Januari 2020.

    Emil mengklaim usulan tersebut sudah restu dari Jokowi agar banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Jabar pada akhir 2019 serta awal tahun 2020 tidak terjadi lagi.

    "Intinya Presiden setuju, pengaturan air ini ke wilayah utara khususnya perkotaan harus ada pengendali yang lebih baik, kira-kira begitu," ucap Emil.

    Namun Emil mengaku belum menentukan lokasi untuk membangun bendungan-bendungan tersebut. Termasuk anggaran yang dibutuhkan untuk membangun bendungan tersebut.

    "Sekitar tuga sampai empat lokasi lagi di zona-zona yang terdampak, sedang kita cari titik dan nilainya," pungkas Emil.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id