Pembangunan Bandara Dewandaru Ditarget Selesai 2022

    Rhobi Shani - 12 Januari 2020 12:18 WIB
    Pembangunan Bandara Dewandaru Ditarget Selesai 2022
    CAPTION: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, tinjau bandara Dewandaru di Karimunjawa Kabupate Jepara, Jawa Tengah, pada Sabtu, 11 Januari 2020. Dokumentasi/ istimewa
    Jepara: Landasan pacu bandara Dewandaru di kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sepanjang 1.200 meter akan diperpanjang menjadi 1.600 meter. Terminal penumpang akan diperluas menjadi 2.800 meter persegi dan ditargetkan selesai 2022.

    "Panjang runway akan kami buat menjadi 1.600 meter, bahkan 1.700 meter supaya pesawat baling-baling sejenis ATR-72 bisa mendarat dengan kapasitas penuh," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat meninjau Bandara Dewandaru, Sabtu, 11 Januari 2020.

    Perpanjangan landasan pacu dapat menambah frekuensi penerbangan dari dan menuju Pulau Karimunjawa. Saat ini hanya terdapat satu maskapai yang melayani secara reguler tiga kali dalam seminggu. Tingkat keterisian penumpangnya 100 persen.

    "Nanti pada saat bandara ini runwaynya 1.600 meter kita akan tingkatkan pergerakan dari pesawat-pesawat terutama dari Semarang," jelas Budi.

    Selain menambah kapasitas, perpanjangan landasan pacu dan perluasan arae terminal membuka kesempatan penambahan rute baru. "Misalnya bisa dari Bandara Kulonprogo ke Karimunjawa. Ini akan jadi kombinasi pariwisata yang baik dengan Borobudur," pungkas Budi.

    Saat ini landasan pacu bandara Dewadaru 1.200 meter x 30 meter. Secara fisik bandara ini telah memiliki runway 1.400 meter x 30 meter, namun masih menunggu verifikasi. Sedangkan untuk taxiway berukuran 62 meter x 15 meter. Apron bandara Dewandaru berukuran 91 meter x 50 meter yang dapat melayani pesawat sejenis ATR-72. Luas terminal penumpang Bandara Dewadaru saat ini baru 220 meter persegi.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id