Gempa Jembarana Bali tak Sebabkan Kerusakan

    Antara - 12 Agustus 2019 11:21 WIB
    Gempa Jembarana Bali tak Sebabkan Kerusakan
    Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
    Denpasar: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali menyatakan gempa yang terjadi pada pagi hari ini tak sebabkan kerusakan. Wilayah Jembrana dan sekitarnya diguncang gempa bermagnitudo 4,9 pada pukul 06.51 Wita Senin, 12 Agustus 2019.

    "Sampai saat ini nihil kerusakan, namun kami juga masih terus melakukan pendataan," kata Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin, di Denpasar, Senin.

    Gempa laut berkedalaman 68 kilometer tersebut berpusat di koordinat 9.92 LS dan 113.89 BT. Pusat gempa tersebut berjarak 189 kilometer arah barat daya Jembrana.

    Setelah gempa bumi yang terjadi pukul 06.51 Wita, juga kembali terjadi gempa susulan pada 06.55 Wita dengan magnitudo 4,4.

    Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyebut gempa dangkal ini diakibatkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

    Baca: Gempa 5,0 SR Guncang Jembrana Bali

    Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (Thrust Fault).

    Gempa dilaporkan masyarakat tersasa di wilayah Denpasar, Kuta, Banyuwangi dan Jember II MMI. Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda yang digantung bergoyang.

    Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 07.12 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya tiga kali gempa susulan (aftershocks).

    Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipastikan kebenarannya.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id