Pemprov Jatim Tunggu Ketetapan Pemangkasan ASN

    Amaluddin - 02 November 2019 18:51 WIB
    Pemprov Jatim Tunggu Ketetapan Pemangkasan ASN
    Ilustrasi ASN. Foto: Medcom.id/Farhan D
    Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menunggu ketetapan dari KemenPAN RB terkait pemangkasan eselon III dan IV pada ASN. Artinya, pemangkasan eselon ASN di Pemprov Jatim belum bisa diterapkan di Jatim.

    "Jadi, kami masih menunggu ketetapan dari KemenPAN RB terkait pemangkasan eselon III dan IV," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim, Anom Surahno, saat dikonfirmasi, Sabtu, 2 November 2019.

    Anom mengatakan yang menjadi perhatian BKD Jatim dengan pemangkasan eselon ini adalah camat (eselon III) dan lurah (eselon IV). Ini karena jabatan lurah dan camat tidak bisa difungsionalkan, karena fungsinya direktif dan kewilayahan.

    "Dia penguasa wilayah. Ini yang harus dicarikan jalan keluarnya melalui PP, Keppres atau Permendagri atau PermenPAN RB. Kami juga akan lihat analisa jabatan (anjab) dan analisa beban kerja (ABK) untuk menentukan kelas jabatannya," jelas Anom.

    Selain itu pihaknya juga masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) terkait rencana KemenPAN-RB. Dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2014, dijelaskan bahwa tidak ada penyebutan eselon III dan IV. Jika hal tersebut diputuskan oleh pusat, maka eselon III dan IV akan menjadi pegawai fungsional.

    "Sehingga kami masih menunggu petunjuk dari KemenPAN-RB yang disosialisasikan ke Menteri-menteri kemudian ke daerah-daerah," pungkas Anom.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id