Ribuan Siswa Terdampak Banjir di Lebak Diliburkan

    Antara - 06 Januari 2020 10:55 WIB
    Ribuan Siswa Terdampak Banjir di Lebak Diliburkan
    Seorang warga dan anaknya pada Minggu (5/1/2020) keluar dari Kampung Muhara di Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, Banten, yang terisolir karena banjir. Foto: ANT/WELI AYU REJEKI
    Lebak: Sebanyak 1.253 siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama negeri di Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten, diliburkan. Sekolah mereka terdampak banjir dan tanah longsor pada Rabu, 1 Januari 2020. 

    "Kami akan membuka pelayanan proses kegiatan belajar mengajar tanggal 12 Januari 2020," kata Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Abdul Malik di Lebak, Senin, 6 Januari 2020.

    Kecamatan Lebak Gedong termasuk daerah yang paling parah mengalami banjir di Kabupaten Lebak. Di Sejumlah sekolah terdampak banjir, di antaranya Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1, dan SDN II Banjarsari.

    "Semua sarana pendidikan yang terdampak itu di Kecamatan Lebak Gedong, bahkan SMPN 4 dan SDN II Banjarsari hanyut diterjang banjir bandang dan tanah longsor," kata Abdul Malik.

    Dia menjelaskan hasil pendataan sementara, bencana banjir dan tanah longsor berdampak pada 1.253 siswa serta 27 guru dan pegawai tata usaha sekolah di Kecamatan Lebak Gedong. Dia memprediksi jumlah itu akan bertambah, karena pendataan masih berlangsung.

    "Kami berharap pekan ini data guru dan siswa yang terdampak bencana alam sudah bisa diterima dengan akurat," kata Abdul Malik.

    Dia melanjutkan selama sekolah diliburkan, petugas melakukan pemulihan trauma untuk anak-anak pengungsi di posko pengungsian. Seorang anak mengaku tak bisa sekolah, karena gedung terdampak banjir bandang. 

    "Kami belum bisa belajar, karena gedung sekolahnya hanyut," kata Wahid, siswa SMPN 4 Lebak Gedong.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id