12 Desa Wisata Terima Penghargaan dari Kemendes PDTT

    Patricia Vicka - 10 Desember 2019 16:20 WIB
    12 Desa Wisata Terima Penghargaan dari Kemendes PDTT
    Para pemenang Lomba Desa wisata diTebing ,Breksi, Sleman DIY selasa 10 Desember 2019
    Sleman: Sebanyak 12 Desa Wisata menerima penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.  Penganugerahan Penghargaan Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 dilakukan di Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta, Selasa, 10 Desember 2019.

    Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Taufik Madjid mengatakan penganugerahan dilakukan untuk memajukan sektor pariwisata di desa-desa.

    "Sektor pariwisata merupakan satu entitas yang penting untuk kemajuan ekonomi di desa. Karena  menjadikan desa menjadi basis tulang punggung ekonomi di masa akan datang," ujar Taufik saat memberi kata sambutan mewakili Menteri Desa dan PDT, Abdul Halim Iskandar.

    Lomba ini juga merupakan bentuk penghargaan pada kepala desa dan para pelalu pariwisata yang berhasil mengembangkan perekonomian di desa.

    Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 terbagi atas dua kategori yakni desa maju dan desa berkembang. Ada sekitar 350 desa yang mengikuti perlombaan ini. 

    Dari hasil verifikasi dewan juri, terpilihlah 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Maju dan 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Berkembang.

    "Kami pilih 6 pemenang untuk Desa Wisata Kategori Maju dan 6 pemenang Desa Wisata Kategori Berkembang. Seluruh nominasi memdapatkan hadiah berupa Program Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendukung Desa Wisata pada 2020," pungkasnya.

    Juara satu Desa Wisata Kategori Maju diperoleh oleh Desa Kertayasa, Pangandaran, Jawa Barat. Juara dua adalah Desa Sukalaksana, Garut, Jawa Barat, juara tiga adalah Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur.
     
    Selain itu Juara harapan satu diraih oleh Desa Taro, Gianyar, Bali. Juara Harapan dua adalah Desa Punjulharjo, Rembang, Jawa Tengah. dan Juara harapan tiga diraih oleh Desa Sambirejo, Sleman, DIY.

    Sementara enam pemenang desa wisata kategori berkembang terdiri dari Desa Kembang Kuning, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat sebagai juara 1, Desa Tebara, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur yang mendapat juara 2. Desa Jatimulyo, Kulonprogo, DIY meraih juara 3.

    Ada juga Desa Tiwingan, Banjar, Kalimantan Selatan yang mendapat harapan 1, Desa Dadapan, Pacitan, Jawa Timur dapat harapan 2 dan terakhir Desa Tanalum, Purbalingga, Jawa Tengah meraih harapan 3.

    Taufik melanjutkan, Kemendes PDTT akan terus bersama dengan kementerian/lembaga lain untuk mendesain pengembangan desa wisata sebagai satu bentuk destinasi baru.
    Hal ini sejalan dengan visi misi Presiden untuk memajukan dan menciptakan desa-desa wisata baru.

    "Target pak presiden menciptakan  desa wisata superprioritas pengembangan wisata dan 10 destinasi Bali-Bali baru,"kata dia.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id