comscore

Risma Resmikan Mobil Balap Karya Mahasiswa ITS

Amaluddin - 16 Agustus 2015 14:29 WIB
Risma Resmikan Mobil Balap Karya Mahasiswa ITS
Risma diminta menjajal mobil balap buatan mahasiswa ITS. Foto: MTVN/Amaluddin
medcom.id, Surabaya: Walikota Surabaya Tri Rismahari bersama Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Jony Hermawan serta Konjen Jepang Yoshiharu Kato‎ meresmikan mobil Formula Sapu Angin Speed III (SAS III).

Rencananya, mobil tersebut akan berlaga pada ajang Student Formula di Japan (SFJ) pada, 1-5 September 2015 mendatang.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan bahwa pemerintah Kota Surabaya selalu mendukung teman-teman Sapu Angin untuk berlaga di kancah internasional.

"Saya yakin suatu saat kita akan punya titik temu antara industri dan hasil penelitian," tutur Risma, sapaan akrabnya, kepada wartawan di Surabaya, Minggu (16/8/2015)

Sementara itu, Rektor ITS Jony ‎Hermawan mengatakan ini adalah proses pembelajaran bagi mahasiswa. Bagaimana mereka melakukan proses pembuatan kendaraan. Menurut Jony, yang dinilai bukan hanya soal kendaraannya bisa berjalan dengan baik. Tetapi, penilaian itu dimulai dari proses pembuatan sampai dengan jadi dan dilombakan.

"Ini merukapan proses pendidikan yang baik bagi mereka. Bagaimana semua sistem itu dilaporkan, direncanakan di dalam suatu dokumen yang terstruktur. Dan proses semacam ini tidak ada di bangku kuliah. Jadi, ke depannya harus terus digalakkan karena ini merupakan proses pembelajaran secara langsung bagi mereka," tandas Jony.

Sapu Angin Speed III (SAS III) merupakan proyek mobil formula buah karya mahasiswa ITS. ‎Sebelumnya, mahasiswa ITS juga berhasi membuat mobil Formula Sapu Angin Speed I (SAS I) generasi pertama dengan meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) pada kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2013 lalu.

Mereka meningkatnya kemampuan mobil dengan membuat SAS II pada kompetisi SFJ 2014.

Dan pada SFJ 2015‎, mereka menciptakan SAS III. Pada kompetisi ini, pemenang peserta harus mendapatkan poin tertinggi dari beberapa penilaian, yaitu static events: presentation 75, engineering design 150, cost analysis 100.

Dan, dynamic events, meliputi acceleration 75, skid-Pad 50, autocross 150, efficiency 100, endurance 300. ‎Total nilai 1.000.(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id