Dinsos Jatim Sebut Berita Nenek Rokaya Makan Rumput Hoax

    Amaluddin - 04 Maret 2017 19:35 WIB
    Dinsos Jatim Sebut Berita Nenek Rokaya Makan Rumput Hoax
    foto: Istimewa
    medcom.id, Surabaya: Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur menyebut kasus nenek Rokaya atau Sulimah, 87, warga Dusun Krajan, Kecamatan Bangsal Sari, Kabupaten Jember, yang diberitakan makan rumput tidak benar alias hoax. 

    Kepastian ini diketahui setelah Dinsos Jatim mengecek langsung ke rumah Rokaya, pada Jumat, 3 Maret 2017.

    "Dinsos Provinsi Jatim telah mengunjungi ke rumah nenek tersebut, dan ternyata di rumahnya banyak tersedia beras dan mie instan. Jadi, berita yang menyebut nenek makan rumput itu adalah hoax," kata Kepala Dinsos Jatim, Sukesi, dikonfirmasi, Sabtu, 4 Maret 2017.

    Sukesi mengatakan, Dinsos Jatim juga telah mengecek ke RT dan RW warga setempat. Mereka mamastikan tidak ada warganya yang memakan rumput. 

    "Ketua RT dan RW tempat nenek Rokaya tinggal juga mengatakan bahwa nenek yang diberitakan makan rumput itu sangat tidak benar. Mungkin si penyebar berita tidak pernah datang kesini," kata Sukesi, menirukan jawaban RT dan RW setempat.

    Menurut Sukesi, tidak masuk akal kalau Rokaya makan rumput. Sebab, kata dia, Rokaya tercatat sebagai Penerima Keluarga Harapan (PKH), serta tercatat penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari pemerintah pusat dan jaminan-jaminan sosial lain, seperti kartu BPJS Kesehatan.

    "Nenek Rokaya juga tercatat sebagai penerima raskin juga, hanya saja mungkin perlu dapat perhatian adalah perbaikan rumah nenek Rokaya," ucap Suksesi.

    Saat ini, kata Sukesi, Rokaya berada di Panti Sosial Tresna Wreda milik provinsi, di Desa Kasiyan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Rokaya mendapat perawatan untuk memastikan kesehatannya benar-benar normal.

    Sebelumnya, nenek Rokaya dikabarkan makan rumput sebanyak tiga kali dalam sehari karena kelaparan. Ketika berita itu ramai dan menjadi viral di media sosial, Pemerintah Provinsi Jawa Timur membawa nenek tersebut ke Panti Wreda di Kecamatan Puger, untuk perawatan.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id