Mensos Minta Jawa Barat Tiru Jawa Timur Tutup Lokalisasi

    Amaluddin - 03 Juni 2016 12:28 WIB
    Mensos Minta Jawa Barat Tiru Jawa Timur Tutup Lokalisasi
    Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi eksLokalisasi Dolly di Surabaya, Jawa Timur dengan naik becak (Foto: MTVN/Amaluddin)
    medcom.id, Surabaya: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta pemerintah daerah lain khususnya Jawa Barat meniru langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur menutup sejumlah lokalisasi. Sebab, kata Khofifah, Jawa Barat merupakan provinsi yang paling banyak memiliki lokalisasi seIndonesia.

    "Saat ini lokalisasi terbanyak pertama adalah Jabar yakni 11 titik‎. Dulu Jatim terbanyak, yakni 47 titik, tapi sekarang sudah tutup semua. Dan itu patut dicontoh," kata Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/6/2016).

    Posisi kedua adalah ‎Kalimantan Tengah yakni 10 titik lokalisasi. Disusul Kepulauan Riau 10 titik, Riau 9 titik, dan beberapa daerah lainnya 1 hingga 4 lokalisasi.

    "Insha Allah, selanjutnya lokalisasi di Tangerang juga akan ditutup. Pemerintah setempat juga sudah sepakat, bahkan saat ini para pekerja seks komersial tengah mengikuti masa pelatihan," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama.

    Berdasarkan data Kementerian Sosial, jumlah lokalisasi yang ada di Indonesia ada 168 titik. Sebanyak 99 titik lokalisasi di antaranya sudah ditutup. ‎"Sedangkan 69 sisanya, kami harap tuntas pada 2019," kata dia.

    Menurut dia, penutupan lokalisasi tidak mudah. Harus ada upaya dari pemerintah setempat untuk meningkatan kesejahteraan penghuni maupun warga terdampak. "Juga perlu adanya kerja sama antarpihak, guna menutup lokalisasi itu," imbuh dia.

    Kemensos menargetkan Indonesia bebas prostitusi, bebas anak jalanan, serta orang yang dipasung, pada Desember 2017. Kemudian pada Desember 2018 akan diselesaikan persoalan anak berhadapan dengan hukum. "Ini adalah pekerjaan rumah pemerintah pusat untuk mengatasinya," pungkas dia.



    (TTD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id