Pembangunan Kolam Pancing di Jombang Diduga Merusak Cagar Budaya.

    Nurul Hidayat - 20 Mei 2016 12:35 WIB
    Pembangunan Kolam Pancing di Jombang Diduga Merusak Cagar Budaya.
    Batu bata ukuran besar yang ditemukan oleh warga saat menggali. (Foto:MTVN/Nurul)
    medcom.id, Jombang: Pembangunan kolam pancing dan kolam renang di Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur, diduga merusak tempat yang dipercaya sebagai pertapaan Damarwulan. Hingga saat ini proses pembangunan kolam tersebut masih berlangsung.

    Suyitno, warga Desa Sudimoro, mengatakan, dari tempat pengerukan yang rencananya diperuntukan sebagai kolam tersebut ditemukan sejumlah benda purbakala. Di antaranya, bata berukuran besar, pecahan keramik, serta koin kuno. Bahkan ada juga patung yang kondisinya sudah rusak.

    "Di atas tanah ini juga ada bangunan kuno. Namun sudah dibongkar untuk pembangunan kolam. Saat penggalian banyak sekali bata merah berukuran besar, koin, serta patung. Namun semuanya hancur," ujar Suyitno, Jumat (19/5/2016).

    Suyitno percaya, lokasi tersebut merupakan petilasan Damarwulan. Sebelum mengabdi ke Kerajaan Majapahit, Damarwulan sempat lelaku atau berguru ke Padepokan Paluombo. Setelah cukup menguasai ilmu, Damarwulan kemudian ke Majapahit, menjadi pemelihara kuda hingga berhasil menjadi raja.

    "Di sinilah letak Padepokan Paluombo yang dimaksud. Sebelum menjadi Desa Sudimoro, dulu namanya Desa Paluombo," kata Suyitno.

    Kepala Desa Sudimoro Makmun Effendi mengakui penggalian situs peninggalan Majapahit ini dilakukan oleh pihak desa atas inisiatif tokoh masyarakat. Tanah negara seluas lima ribu hektare tersebut akan dijadikan kolam. Namun demikian, Makmun tidak tahu bahwa lokasi tersebut merupakan petilasan Damarwulan.

    "Saat penggalian memang kita temukan bata merah ukuran besar dan puing bersejarah lainnya. Kami tidak tahu kalau tempat ini peninggalan Majapahit, makanya kami juga tidak melapor ke dinas terkait," pungkas Makmun.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id