Mendag Prioritaskan Pembangunan Pasar Lawang Usai Kebakaran

    Daviq Umar Al Faruq - 31 Mei 2019 19:12 WIB
    Mendag Prioritaskan Pembangunan Pasar Lawang Usai Kebakaran
    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat meninjau Pasar Lawang, Malng, jawa Timur. Jumat, 31 Mei 2019. Medcom.id/Daviq Umar
    Malang: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berencana merenovasi Pasar Lawang setelah kebakaran beberapa waktu lalu. Enggar menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Malang.

    "Kondisi Pasar Singosari ini memang sudah agak lama. Tapi kami mau priporitaskan dulu Pasar Lawang yang baru saja terbakar itu," kata Enggar, sapaannya, saat memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Singosari, Malang, Jawa Timur, Jumat, 31 Mei 2019.

    Menurut Enggar, Pasar Lawang menjadi prioritas menimbang dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat kebakaran. Renovasi diyakini cukup rumit dan memakan waktu. "Kami akan rencanakan secepatnya. Kita bikin perencanaannya, kemudian kami bertiga duduk dan membahas APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten," ujarnya. 

    Sebanyak 509 kios di Pasar Lawang, Malang, hangus terbakar pada 17 April 2019. Jumlah itu terdiri dari 328 lapak, 174 kios, dan tujuh toko. Selain itu, kerusakan terjadi di blok Selatan, L1, L3, L4, H, serta I. Pasar Lawang sendiri menampung sebanyak 1.400 pedagang.

    Kebakaran di Pasar Lawang ini berlangsung sekitar 13 jam sebelum akhirnya bisa dipadamkan. Kerugian akibat peristiwa ini pun ditaksir mencapai miliaran rupiah.

    Hari ini, Enggar memantau langsung situasi Pasar Lawang usai terjadi kebakaran. Enggar mendengar keluhan sejumlah pedagang yang mayoritas ingin Paras Lawang kembali direnovasi. 

    Selain Pasar Lawang, Enggar juga memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Singosari. Ia juga bertemu dengan sejumlah pelaku usaha di Kota Batu, Jawa Timur.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id