Target Pajak 2019 di Kota Malang Rp501 Miliar

    Daviq Umar Al Faruq - 27 Februari 2019 12:26 WIB
    Target Pajak 2019 di Kota Malang Rp501 Miliar
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Malang: Pendapatan sektor pajak di Kota Malang tahun ini ditargetkan sebesar Rp501 miliar. Pendapatan pajak tersebut juga ditargetkan meningkat sebanyak Rp620 miliar pada 2020. Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, Ade Herawanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mengejar target tersebut.

    "Mulai dari optimalisasi, regulasi, pembenahan sistem, serta peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM)," kata Ade saat dikonfirmasi, Rabu, 27 Februari 2019.

    Ade menjelaskan, untuk mencapai target yang tinggi dan progresif itu ada sejumlah isu strategis yang bakal diperhatikan. Salah satunya, integrasi sistem perpajakan daerah yang belum terbangun dengan instansi lain.

    Kemudian belum optimalnya penagihan atas piutang pajak daerah hingga kesadaran wajib pajak yang masih rendah. Selain itu, BP2D Kota Malang juga tengah melakukan penataan personelnya.

    "Menurut beberapa orang mustahil dengan target itu, tapi kalau kita yakin dan optimistis, ditunjang dengan SDM yang handal dan berlari kencang pasti akan tercapai," jelas Ade.

    Target pendapatan pajak di Kota Malang selalu bertambah dari tahun ke tahun. Pada 2018 lalu target awal di angka Rp375 miliar. Tahun ini target naik menjadi Rp501 miliar lebih. 

    Meski ada kenaikan target hingga lebih dari Rp80 miliar, Ade menegaskan tidak akan membebani masyarakat Kota Malang dengan kenaikan nilai PBB. "Tidak ada kenaikan PBB," tegas Ade.

    Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji meminta masyarakat untuk mendukung dan memberikan apresiasi tinggi kepada berbagai program yang dilaksanakan oleh BP2D Kota Malang.

    "Karena semuanya itu bertujuan untuk terus meningkatkan pendapatan dari sektor pajak daerah yang diharapkan akan mencapai Rp1,5 triliun di 2023," ungkap Sutiaji.

    Sutiaji mengimbau agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi untuk membayar pajak bumi dan bangunan tepat waktu sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

    Sebagai informasi, pada 2018 lalu pendapatan pajak Kota Malang melampaui target yang dibebankan. Jumlah pencapaiannya lebih dari Rp433 miliar atau sekitar 102 persen sebelum tutup buku 2018.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id