• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 23 NOV 2018 - RP 51.179.914.135

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Pengadilan Agama Sidoarjo Sidang Keliling Kasus Perceraian

Syaikhul Hadi - 12 April 2018 18:23 wib
sidang di Kecamatan Krian, Sidoarjo
sidang di Kecamatan Krian, Sidoarjo

Sidoarjo: Tingginya angka perceraian di Sidoarjo membuat petugas Pengadilan Agama kewalahan. Kini, Pengadilan Agama Sidoarjo, Jawa Timur, menerapkan program sidang keliling untuk mempercepat proses penanganan kasus perceraian. 

Pada program sidang keliling yang baru dilakukan hari ini di Kecamatan Krian, Sidoarjo, Ketua Pengadilan Agama, M Jauhari mengungkapkan, ada sekitar 5.000-an kasus yang sedang ditangani Pengadilan Agama Kabupaten Sidoarjo di tahun 2017. 

"Dari jumlah itu, yang lebih dominan adalah angka perceraian yang mencapai 4.000 an kasus," kata M Jauhari saat menyosialisasikan program perdananya kepada masyarakat, Kamis, 12 April 2018. 

Banyaknya jumlah kasus tersebut membuat kewalahan hakim yang menangani kasus tersebut. Belum lagi jumlah hakim yang tak sebanding dengan kasus yang ada alias terbatas. 

"Bahkan ada para hakim yang menangani sidang perceraian sering pulang malam untuk menyelesaikan proses sidang. Nah, dengan adanya program ini untuk mempercepat proses penanganan kasus perceraian di Sidoarjo," jelasnya. 

Ada beberapa faktor penyebab meningginya angka perceraian di Sidoarjo. Di antaranya, masalah mental pasangan yang labil atau gampang goyah karena kurangnya pendidikan pra-nikah. Kemudian penyebab kedua karena faktor ekonomi dan yang ketiga karena adanya pengaruh pihak ketiga.

"Jadi, Program Sidang Keliling ini seperti jemput bola di kecamatan-kecamatan. Harapannya bisa membantu penyelesaian proses sidang," jelasnya. 

Selain kasus perceraian, Sidang Keliling juga menangani permasalahan sengketa harta waris, perubahan nama di akta nikah, dan melayani sidang isbat (pengesahan) perkawinan bagi pasangan yang sudah nikah siri yang difasilitasi agar mengurus akta nikah.

“Terus terang kami (pihak PA) kewalahan menangani kasus perceraian karena jumlah hakim yang menangani sangat terbatas, maka kita coba melakukan terobosan dengan melakukan Sidang Keliling di kecamatan-kecamatan untuk jemput bola," tandasnya. 

Sementara, Wakil Bupati Sidoarjo mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Kondisi itu tidak diimbangi dengan minimnya pengetahuan pasangan muda tentang pra-nikah. Padahal pemahaman masalah pra-nikah sangat penting bagi setiap calon pengantin.

"Untuk itu, Balai Nikah yang ada di KUA (Kantor Urusan Agama) harus lebih serius dalam menyelenggarakan pendidikan pra-nikah. Diakui atau tidak, selama ini pasangan yang akan menikah terkadang tidak memiliki wawasan yang cukup untuk menikah. Mereka tidak mengerti kewajiban suami, kewajiban isteri dan makna serta filosofis tentang anak," terang Nur Achmad Syaifuddin. 

Rendahnya pemahaman dan kurangnya wawasan pernikahan itu menyebabkan angka KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) juga menjadi tinggi. 

"Permasalahan ini cukup kompleks. Ini terbukti lemahnya wawasan mereka tentang pernikahan. Karenanya, pendidikan pra nikah harus diperkuat," tandasnya. 


(ALB)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.