Khofifah Minta Kiai Milenial di Jatim Tangkal Intoleransi

    Amaluddin - 23 Februari 2019 19:06 WIB
    Khofifah Minta Kiai Milenial di Jatim Tangkal Intoleransi
    Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara di Hotel Wyndam, Surabaya, Sabtu, 23 Februari 2019. (Medcom.id/Amal).
    Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta para kiai muda membantu pemerintah dalam menangkal intoleransi. Permintaan tersebut disampaikannya saat menghadiri Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara bersama Wakil Presiden, Jusuf Kalla, di Hotel Wyndam, Surabaya, Sabtu, 23 Februari 2019.

    "Bahaya intoleransi saat ini semakin hari dirasa mengkhawatirkan. Sehingga para gus-gus harus mampu mengisi ruang ruang kosong, dengan bekal ilmu agama dan pengetahuan hingga masuk pada pendidikan non pesantren, baik di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi," kata Khofifah, dalam sambutannya.

    Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan lembaga survei Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, kata Khofifah, terdapat kecenderungan anak muda usia sekolah terjangkit faham radikalisme dan intoleran.

    "Lewat hasil survei tersebut menyebutkan, bahwa dari 34 provinsi se-Indonesia anak-anak SMP dan SMA mengalami kristalisasi terhadap format pemikiran yang cenderung intoleran," jelas Khofifah.

    Melihat kondisi itu, Khofifah meyakini bahwa survei tersebut bisa dijadikan referensi bagi gus-gus, agar bisa masuk ke sekolah-sekolah non pesantren, termasuk sekolah negeri terutama SMA/SMK dan perguruan tinggi, dengan dialog dan pencerahan sesuai dengan kadar keilmuan yang bersangkutan.

    "Mudah mudahan ini menjadi bagian dari singkronisasi dari seluruh energi positif yang ada dalam komunitas gus-gus di IGGI, Asparagus maupun Gawagis," beber Khofifah.

    Gawagis merupakan ulama-ulama muda milenial yang diinisiasi oleh gus-gus dari Jatim, yang keberadaanya terbukti telah memberikan makna substantif bagi kekuatan Ahlu Sunnah Wal Jamaah (Aswaja), khususnya dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id