Warga Keturunan Tionghoa Bersiap Sambut Imlek

    Daviq Umar Al Faruq - 29 Januari 2019 19:03 WIB
    Warga Keturunan Tionghoa Bersiap Sambut Imlek
    Warga Keturunan Tionghoa mengikuti upacara Sung Sien atau 'Mengantar Roh Suci' di Klenteng Eng An Kiong Malang, Selasa, 29 Januari 2019, Medcom.id - Daviq Umar



    Malang: Berbagai kegiatan dilakukan warga keturunan Tionghoa untuk menyambut perayaan Imlek 2019/2570. Seperti menggelar upacara Sung Sien atau 'Mengantar Roh Suci' di Klenteng Eng An Kiong Malang, Jawa Timur, untuk menandai dimulainya tahun Babi Tanah, 5 Februari 2019 mendatang.

    Upacara Sung Sien ini diikuti oleh para penganut Khong Hu Cu, Tao dan Buddha Mahayana di Kota Malang. Belasan warga Tionghoa melakukan ibadah dan melakukan sejumlah ritual dengan khusyuk di pelataran klenteng yang dibangun sejak 1825 itu, Selasa 29 Januari 2019. 






    Humas Yayasan Klenteng Eng An Kiong, Bonsu Anton Triyono, mengatakan upacara Sung Sien ini dilaksanakan setahun sekali, tepatnya seminggu sebelum datangnya perayaan Imlek. Upacara bertujuan mengantarkan Roh Suci Para Dewa untuk menghadap pada Yang Maha Kuasa. 

    "Sung berarti para roh suci, sedangkan Sien berarti menghantarkan. Para suci ini adalah para leluhur kami. Ibadah ini menghantar para suci naik ke surga untuk laporkan perbuatan di dunia sepnjang tahun 2018," katanya.

    Dia menambahkan, upacara ini juga sebagai tanda sembahyang akhir di tahun 2018. Upacara yang dilakukan dihadapan setiap altar para dewa Kong Hu Cu, Buddha Mahayana dan Tao di Klenteng Eng An Kiong ini juga sebagai ibadah untuk membuat klenteng suci kembali. 

    Upacara dimulai dari altar Tuhan Yang Maha Esa, dilanjutkan ke altar Fu Tek Cen Sen, We Tho Poo Sat, Khung Wang, Chia Lan Yhe, Thay Sue Yhe, Jen Wang Yhe, She Cia Muni Fuk dan lain selanjutnya. Sebanyak 24 altar memenuhi kelenteng yang kini berusia 194 tahun itu. 

    "Tahun ini merupakan Tahun Babi Kayu yang merupakan tahun sangat berbahagia. Tahun 2019 ini bangsa Indonesia akan laksanakan Pilpres. Jadi berharap berjalan senantiasa aman lancar, sentosa," ungkapnya.

    Bonsu Anton pun menyampaikan perayaan Imlek merupakan musim semi awal. Sehingga dia meminta kepada warga Tionghoa untuk menyambut perayaan dengan rasa gembira.


    (RRN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id