Program Pendidikan SMA & SMK Gratis di Jatim Diapresiasi

    Syaikhul Hadi - 15 Juni 2019 17:38 WIB
    Program Pendidikan SMA & SMK Gratis di Jatim Diapresiasi
    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Medcom.id/Syaikhul Hadi (Syaikhul Hadi)
    Surabaya: Sekber relawan Khofifah Indar Parawansa menyambut baik rencana pemerintah provinsi Jawa Timur yang akan menggratiskan SPP SMA dan SMK negeri se-Jatim. Program itu rencananya akan dimulai pada Juli 2019 mendatang. 

    "Kita warga Jatim patut mengapresiasi dan menyambut baik kerja cepat Ibu Khofifah dan Pak Emil," ungkap Koordinator Sekber Relawan Khofifah Indar Parawansa, Ari Kusuma, Sabtu, 15 Juni 2019. 
    Menurutnya, realisasi program ini merupakan bagian dari pemenuhan janji kampanye Khofifah - Emil ditahun pertamanya memimpin Jawa timur.  yakni Jatim Cerdas (salah satu item dalam Nawa Bhakti Satya) dengan merealisasikan program pendidikan gratis dan berkualitas (Tistas) bagi seluruh SMA dan SMK se-Jatim. 

    "Penggratisan SMA dan SMK merupakan first impression (kesan pertama) yang sangat baik dari Khofifah-Emil di awal pemerintahannya. Wujud nyata yang bisa dirasakan langsung oleh warganya," terangnya. 

    First impression adalah salah satu faktor utama yang sangat penting untuk ditunjukan setiap individu atau kelompok, karena orang lain atau publik akan terus mengingatnya. Sehingga akan memiliki social impact yang tinggi dimasyarakat. 

    "Misalnya: Ingat sekolah gratis, ingat Khofifah-Emil," tambah Ari. 

    Terlebih, program populis Khofifah-Emil ini mendapat dukungan penuh dari berbagi elemen masyarakat di Jatim. Hal itu terlihat dari antusiasme publik yang memberi dukungan lewat media sosial, termasuk aktif mengomentari postingan Khofifah di akun Instagram-nya.

    "Ekspresi rakyat adalah hal yang utama untuk mengukur watak sebuah pemerintahan. Salah satu bentuk ekspresi rakyat yang terlihat, antara lain komentar-komentar yang muncul di akun Instagram Ibu Khofifah," papar Ari.

    Alumnus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itupun mengajak masyarakat untuk terus memberikan dukungan dan pengawasan, agar program berjalan lancar dan baik tanpa ada upaya oknum yang mencoba menyelewengkannya.

    Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggratiskan SPP bagi SMA dan SMK negeri se-Jawa Timur. Program itu akan diberlakukan pada Juli 2019 mendatang.

    Kebijakan itu ramai diperbincangkan. Bahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunggah informasi tersebut dalam akun media sosialnya agar siswa SMA/SMK negeri se-Jatim mengetahui kabar gembira tersebut. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id