MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Pelaku Ekonomi Kreatif Jatim Diminta Terus Berinovasi

    Daviq Umar Al Faruq - 01 April 2019 23:37 WIB
    Pelaku Ekonomi Kreatif Jatim Diminta Terus Berinovasi
    Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin saat menghadiri Dekranasda Fair 2019 di Gedung Graha Cakrawala, Kota Malang, Jawa Timur, Senin 1 April 2019. Dok: Humas Pemkot Malang
    Malang: Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin berpesan perajin Kota Malang tidak putus asa dan terus berkarya. Mereka diminta menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas serta berdaya saing dengan harga yang sesuai.

    "Semoga kegiatan ini memberikan motivasi bagi pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif untuk selalu berinovasi dalam menciptakan produk-produk khas berbasis budaya lokal, sekaligus sebagai wadah untuk memamerkan hasil karyanya," katanya saat menghadiri Dekranasda Fair 2019 di Gedung Graha Cakrawala, Kota Malang, Jawa Timur, Senin 1 April 2019.
    Arumi menegaskan, pelaku UMKM dapat terus memasarkan produknya melalui media-media online sesuai dengan platform masing-masing. Hal itu bertujuan agar produk yang dimiliki tidak saja dapat dikenal pada pasar lokal namun juga di pasar internasional.

    "Muaranya peningkatan perekonomian rakyat, kemandirian daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Malang" tegas istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak ini.

    Dekranasda Fair 2019 diselenggarakan Dekranasda Kota Malang dibawah komando Widayati Sutiaji. Gelaran yang memamerkan produk kerajinan binaan Dekranasda Kabupaten / Kota se-Jawa Timur ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 105 Kota Malang.

    Rangkaian kegiatan lain, seperti, syukuran HUT ke-39 Dekranas, lomba desain motif batik malangan, lomba make-up pesta, lomba wanita muslimah 2019, serta beragam acara lain digelar selama 1-5 April 2019.

    Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, eksistensi UMKM di Kota Malang memang tidak dapat diragukan lagi. Hal itu terbukti dari sejumlah UMKM yang mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama pascakrisis ekonomi.

    "Namun pada kenyataannya masih banyak permasalahan yang dihadapi dan membutuhkan solusi seperti terbatasnya modal kerja, sumber daya manusia yang terbatas, dan minimnya penguasaan teknologi," ujar Sutiaji

    Pemberdayaan UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan harus senantiasa dilakukan. Terlebih di era revolusi industri 4.0.

    Pelaku sektor ini dituntut mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi yang berbasis kearifan lokal, baik itu berupa seni budaya maupun produk-produk unggulan dan kerajinan yang dimiliki.

    "Dalam kaitan itulah, saya minta peran aktif dekranasda untuk bersinergi secara konstruktif dengan perangkat daerah maupun dalam upaya membangun networking," pungkasnya.
     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id